Launcher Girder Ambruk, Soekarwo Jamin Tol Solo-Kertosono Selesai Tepat Waktu

Sempat dikhawatirkan gagal dipakai sebagai jalur alternatif untuk mudik.

Surabaya, IDN Times - Launcher girder proyek tol Solo-Kertosono ambruk pada Senin (21/5). Ini mengakibatkan adanya hambatan dalam penyelesaian pembangunan tol yang ditujukan sebagai jalur mudik alternatif. Namun, Gubernur Jawa Timur Soekarwo berkata lain.

1. Soekarwo menegaskan tidak ada masalah besar yang menghambat pembangunan tol Solo-Kertosono

Launcher Girder Ambruk, Soekarwo Jamin Tol Solo-Kertosono Selesai Tepat WaktuIDN Times/Ardiansyah Fajar

Saat ditemui di Hotel Grand Mercure, Surabaya, Soekarwo menegaskan bahwa tidak ada masalah signifikan yang akan mengganggu jalannya pembangunan tol. "Hari ini kan sudah diangkut semua. Sampai saya telpon, bisa [segera dilanjutkan]. Girdernya, alatnya jatuh, bisa diangkut kembali dan diganti yang lain," ujarnya.

Baca juga: Launcher Girder Proyek Tol Solo-Kertosono Ambruk, Polisi: Tidak Ada Korban

2. Ia menjamin tol Solo-Kertosono bisa dipakai sesuai jadwal

Launcher Girder Ambruk, Soekarwo Jamin Tol Solo-Kertosono Selesai Tepat WaktuIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tol Solo-Kertosono ditargetkan selesai H-7 sebelum lebaran atau tepatnya pada 8 Juni. Ini karena tol tersebut diharapkan bisa mengurangi kemacetan si simpang Mengkreng (Jombang-Nganjuk-Kediri). 

Soekarwo sendiri menjamin bahwa pembangunan akan tetap selesai tepat waktu. "8 Juni oke. Tidak ada [kemoloran jadwal]. Kalau dia jadi betul selesai, [memang] belum. Baru fungsional. Fungsionalnya itu di beton. Betonnya sudah jadi, tinggal tambah girder untuk jembatan kecil," tegasnya.

3. Tol Solo-Kertosono sempat dilaporkan takkan bisa selesai tepat waktu

Launcher Girder Ambruk, Soekarwo Jamin Tol Solo-Kertosono Selesai Tepat WaktuIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Berdasarkan keterangan Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto, launcher girder itu ambruk saat akan dipakai untuk memasangkan balok penyangga jembatan. Ia mengonfirmasi bahwa tak ada korban dalam insiden tersebut.

Hanya saja, ia mengatakan bahwa pembangunan molor selama tiga hari sehingga dikhawatirkan akan sulit untuk selesai seperti yang sudah dijadwalkan, yaitu pada 8 Juni. "Mudah-mudahan bisa dipercepat," kata Fadli. 

Baca juga: Tiang Girder Tol Becakayu Ambruk, Polisi Periksa Waskita

Topik:

Berita Terkini Lainnya