Comscore Tracker

Bau Menyengat karena Pipa Limbah Bocor, Seorang Warga Dilarikan ke RS

Pihak desa minta tanggung jawab perusahaan

Bogor, IDN Times - Sejak Jumat (19/3/2021) sore udara di Kecamatan Klapanunggal, khususnya di Desa Nambo, Desa Bantar Jati, dan Desa Kembang Kuning, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dipenuhi bau menyengat.

Aroma busuk menusuk hingga ke pangkal hidung. Sebagian warga menyebutnya seperti bau bangkai, sebagian lagi mencium seperti bau gas. Merasa terganggu, warga mendatangi sumber bau yang ternyata berasal dari PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) yang beralamat di Jalan Raya Narogong Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Bogor.

Baca Juga: Warga Depok dan Bogor Heboh Cium Bau Menyengat Seperti Bangkai

1. Bau menyengat seperti bangkai tercium sejak sore hari

Bau Menyengat karena Pipa Limbah Bocor, Seorang Warga Dilarikan ke RSIstimewa

Warga Leuwinanggung, Tapos, Depok, Zahro mengatakan sempat menyium bau menyengat sekitar pukul 19.45 WIB. Menurutnya bau yang tercium seperti bau bangkai. "Kayak bau bangke, bau gas juga," kata Zahro.

Hal serupa juga diungkapkan warga Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Try Arianto. Menurutnya bau itu menyengat sejak sore hari. "Tadi sore bau banget, tapi sekarang sudah agak hilang," kata Try Arianto.

2. Bau berasal dari kebocoran pipa limbah di PT PPLI

Bau Menyengat karena Pipa Limbah Bocor, Seorang Warga Dilarikan ke RSKades Desa Nambo, Nanang (istimewa)

Kepala Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Nanang, mencium bau tak sedap itu seperti bau gas. Merasa terganggu, kata Nanang, warga pun mencari sumber bau dan ternyata menemukan sumbernya berasal dari PT PPLI. 

"Setelah dikonfirmasi, pihak perusahaan membenarkan dan menjelaskan bahwa benar ada kebocoran pipa limbah di perusahaan tersebut," kata Nanang yang mengaku mencium bau menyengat itu sejak pukul 16.00 WIB.

3. Seorang warga harus dilarikan ke rumah sakit

Bau Menyengat karena Pipa Limbah Bocor, Seorang Warga Dilarikan ke RSIstimewa

Akibat peristiwa tersebut, kata Nanang, seorang warga terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit. 

Dia menjelaskan, memang sebelumnya korban sedang tidak enak badan, namun ditambah dengan bau menyengat membuat kondisi kesehatan korban semakin turun dan harus dibawa ke rumah sakit. 

"Sempat ada seorang warga yang dibawa ke rumah sakit," tukas Nanang.

Baca Juga: Bau Menyengat di Depok dan Bogor, Kapolres Ungkap Ini Sumbernya

4. Pihak desa minta tanggung jawab perusahaan

Bau Menyengat karena Pipa Limbah Bocor, Seorang Warga Dilarikan ke RSSuasana di PT PPLI (istimewa)

Untuk menindaklanjuti persoalan ini, pihak desa ingin mengadakan pertemuan dengan pengelola perusahaan agar mau bertanggung jawab atas kegaduhan yang terjadi. Kades Nambo mengatakan, akan mengajak sejumlah kepada desa yang terdampak.

"Pemerintah desa akan menindaklanjuti kejadian tadi, bukan hanya Desa Nambo yang terdampak paling parah, ada juga desa Desa Bantar Jatiati dan Desa Kembang Kuning," kata Nanang.

Seperti diketahui, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), merupakan perusahaan pengolah limbah dari Jepang. Perusahaan ini mengolah limbah B3 hingga 160 ribu ton per tahun. Limbah yang dikelola datang dari sekitar 1.000 perusahaan.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya