Bersaksi di Sidang Rizieq, Bima Arya: Tak Ada Faktor Tekanan Politik

Bima Arya tak gentar disebut berbohong soal kesehatan Rizieq

Bogor, IDN Times - Wali Kota Bogor Bima Arya memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk menjadi saksi dalam persidangan kasus dengan terdakwa Rizieq Shihab.

Bima mengatakan, keputusan yang diambil dirinya untuk bersedia bersaksi di hadapan majelis hakim sama sekali bukan atas dasar tekanan atau faktor politik. 

1. Tak ada faktor politik, Bima mengaku hanya ingin lindungi warganya

Bersaksi di Sidang Rizieq, Bima Arya: Tak Ada Faktor Tekanan PolitikBima Arya saat memberikan kesaksian di PN Jakarta Timur (Dok. Istimewa)

Bima mengatakan, tindakan yang dilakukannya selaku Wali Kota Bogor terkait kasus Rizieq sudah sesuai dengan landasan dan aturan mulai dari Undang-undang, Keputusan Presiden, hingga keputusan Wali Kota, dan semua menurutnya dalam rangka protokol kesehatan.

“Yang kita lakukan tidak ada faktor politik, atau tekanan dari pihak lain, ini murni untuk melindungi warga saya dan menjalankan tugas saya supaya warga Kota Bogor tidak terpapar COVID-19. Jauh dari tekanan dan unsur politik, betul-betul untuk kesehatan,” kata Bima Arya, Kamis (14/4/2021).

Baca Juga: Bima Arya: Rizieq Bersurat Tolak Sampaikan Hasil Swab PCR COVID-19

2. Disebut berbohong, Bima Arya: Faktanya Habib sakit

Bersaksi di Sidang Rizieq, Bima Arya: Tak Ada Faktor Tekanan PolitikPemimpin FPI Rizieq Shihab (Youtube.com/Front TV)

Rizieq Shihab sempat menyayangkan sikap Bima Arya, bahkan sempat menyatakan bahwa Bima Arya berbohong. Namun demikian Bima mengatakan apa yang disampaikan Rizieq di Rumah Sakit Ummi yang menyatakan dirinya sehat, tidak sesuai. Karena menurut Bima terdapat indikasi COVID-19 di tubuh Rizieq saat itu.

“Tim dokter juga menyampaikan kepada Habib bahwa di RS Ummi itu antigennya sudah positif, dan kemudian indikasi covid-nya juga ada, artinya memang tidak sehat,” kata Bima Arya.

3. Bima hanya butuh laporan hasil PCR Rizieq agar Satgas Bogor bisa segera bertindak sesuai SOP

Bersaksi di Sidang Rizieq, Bima Arya: Tak Ada Faktor Tekanan PolitikWali Kota Bogor Bima Arya (Instagram.com/bimaaryasugiarto)

Dalam kesempatan itu, Bima Arya mengatakan hal yang telah dilakukannya sangat penting guna memutus penularan COVID-19.

“Bagi saya bukan mengumumkan hasil PCR nya, tapi paling tidak protokolnya saja karena setiap hari saya harus tahu berapa yang terkonfirmasi COVID-19. Kalaupun habib suspect ya dilaporkan, karena treatment-nya beda, yang penting laporannya, yang penting prosesnya karena itu butuh disampaikan ke kami,” tambah Bima.

Dia mengaku sebelumnya juga sudah koordinasi dan silaturahmi ke RS Ummi, meminta agar RS Ummi untuk bekerja sama dan koordinatif. “Semua sudah saya ingatkan,” ujarnya.

Baca Juga: Rizieq Tuding Walkot Bogor Koar-koar soal RS Ummi, Bima Arya 'Ngegas'

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya