Rizieq Tuding Walkot Bogor Koar-koar soal RS Ummi, Bima Arya 'Ngegas'

Bima Arya siap bersaksi di persidangan Rizieq Shihab

Bogor, IDN Times - Wali Kota Bogor Bima Arya langsung menanggapi tuduhan telah membuat gaduh, soal kondisi kesehatan mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat dirawat di Rumah Sakit Ummi.

Bahkan, Bima Arya mengaku siap memberikan kesaksian di persidangan untuk Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, jika memang diperlukan.

Rizieq kini menjadi terdakwa kasus kerumunan di Bandara Soekarno-Hatta, Petamburan Jakarta, dan Mega Mendung Bogor.

Baca Juga: Polisi Amankan Simpatisan Rizieq Shihab di Depan PN Jakarta Timur

1. Bima Arya siap datang memberikan kesaksian

Rizieq Tuding Walkot Bogor Koar-koar soal RS Ummi, Bima Arya 'Ngegas'Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. Rizieq Shihab ditahan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk kepentingan penyidikan perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Bima Arya merespons tudingan terdakwa Rizieq, soal kehebohan pemeriksaan Habib Rizieq di RS Ummi Bogor. Bima disebut-sebut telah menimbulkan kehebohan terkait kondisi kesehatan Rizieq saat ia dirawat di RS Ummi Bogor. 

"Semua langkah saya sebagai Ketua Satgas, terukur. Berdasarkan aturan dan ketentuan," kata Bima, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/3/2021).

Dia juga menyampaikan akan memberikan keterangan terkait masalah yang terjadi secara utuh di persidangan.

“Saya akan sampaikan keterangan yang sebenar-benarnya, fakta yang sedetail-detailnya kunjungan saya diundang untuk memberikan kesaksian di proses pengadilan,” kata Bima saat dihubungi IDN Times.

2. Bima siap beberkan fakta hukum

Rizieq Tuding Walkot Bogor Koar-koar soal RS Ummi, Bima Arya 'Ngegas'IDN Times/Kevin Handoko

Bima mengaku tidak ingin berpolemik di publik. Karena itu, ia siap membeberkan fakta di ruang sidang PN Jaktim soal RS Ummi.

“Saya Insyaallah, saya sangat siap dipanggil untuk memberikan kesaksian kepada proses persidangan,” kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Bima juga mengaku akan menyampaikan fakta yang sedetail-detailnya dan informasi yang sebenar-benarnya, serta seutuh-utuhnya terkait kasus RS Ummi. 

"Insyaallah jauh dari kepentingan apapun, selain untuk melindungi warga Bogor dan mencegah penyebaran COVID-19," kata Bima. 

3. RS Ummi diduga tutupi hasil swab Rizieq Shihab

Rizieq Tuding Walkot Bogor Koar-koar soal RS Ummi, Bima Arya 'Ngegas'(IDN Times/Kevin Handoko)

Bima Arya juga mengaku akan menyampaikan semua masalah terkait Rizieq Shihab di RS Ummi.

"Saya tidak mau berpolemik di publik. Biarkan semua sesuai dengan konteks hukum, agar menjadi pertimbangan para penegak hukum," kata dia.

Bima menyampaikan fakta yang kemudian terkuak antara lain adalah pihak RS Ummi, ternyata terbukti menutupi hasil swab Rizieq yang memang positif COVID-19. Dirut RS Ummi pun kemudian terpapar virus corona. 

"Jika saja sedari awal pihak rumah sakit terbuka dan kooperatif, maka masalah tidak akan berkembang seperti ini," kata dia.

Seperti diketahui, eks pemimpin FPI Rizieq Shihab menyebut-nyebut Wali Kota Bogor Bima Arya dalam persidangan di PN Jaktim terkait kasus RS Ummi.

Rizieq mengaku dirinya hanya sebagai korban framing. Ia menuding Bima Arya lah yang menimbulkan kehebohan publik.

“Pada 26 November 2020, Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat dengan iktikad baik mengabarkan Wali Kota Bogor Bima Arya selaku Ketua Satgas COVID-19 Kota Bogor tentang perawatan saya di RS Ummi,” kata Rizieq dalam eksepsinya di PN Jaktim, Jumat, 26 Maret 2021.

“Namun sangat disesalkan Bima Arya langsung koar-koar di berbagai media, sehingga menimbulkan kehebohan dan sangat mengganggu proses perawatan saya di RS Ummi, sekaligus mengatur ketenangan RS Ummi,” kata Rizieq.

Baca Juga: Diperiksa 3 Jam Terkait Rizieq Shihab, Bima Arya Beberkan Hal Ini 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya