Bupati Bogor Sidak Puskesmas yang Viral karena Staf Asyik Karaokean

Bukannya melayani pasien, staf puskesmas malah karaoke, duh!

Bogor, IDN Times - Bupati Bogor Ade Yasin, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Situ Udik Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Sabtu (10/7/2021) kemarin. 

Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti sebuah video yang viral di media sosial, serta memberikan teguran kepada para tenaga kesehatan Puskesmas Situ Udik Kecamatan Cibungbulang.

Video viral yang beredar di media sosial itu menyebut seorang ibu hamil yang akan berobat dan seorang warga yang mengaku positif COVID-19 mendatangi Puskesmas Situ Udik Kecamatan Cibungbulang, namun bukannya mendapatkan pelayanan, malah justru mendapati staf puskesmas sedang asyik karokean di jam kerja.

1. Bupati Bogor marah, staf puskesmas karaoke pakai sound system untuk memanggil pasien

Bupati Bogor Sidak Puskesmas yang Viral karena Staf Asyik KaraokeanIlustrasi cek tekanan darah petugas kesehatan Puskesmas Padang Pasir sedang memeriksa tekanan darah pasien. IDN Times/Andri NH

Bupati Bogor mengumpulkan seluruh staf Puskesmas Situ Udik, untuk memberikan arahan. 

"Tadinya kalau ada alat karaokenya mau saya sita, tapi tadi hasil sidak ternyata tidak menggunakan alat karaoke tetapi sound system untuk memanggil pasien, tetapi apapun alasannya itu salah, karena dilakukan pada saat jam kerja," tegas Ade Yasin.

Ade Yasin menyatakan, berkaitan dengan video seorang ibu hamil yang akan berobat dan seorang warga yang mengaku positif COVID-19, ada kesimpangsiuran informasi karena informasi yang sebenarnya adalah seorang ibu hamil itu datang Puskesmas Situ Udik, hanya untuk menanyakan perihal BPJS.

"Seorang ibu hamil itu dari Cemplang, datang ke Puskesmas Situ Udik untuk menanyakan pelayanan BPJS-nya. Saya akan memastikan kebenaran Ibu hamil itu, juga menanyakan kondisinya sehat atau tidak, karena tugas kita untuk memastikan kondisi Ibu hamil itu sehat atau tidak," ungkap Bupati Bogor.

Baca Juga: Bupati Bogor Gelisah, Klaim BPJS Kesehatan Rp261 Miliar Belum Dibayar

2. Ibu hamil dalam video yang viral tidak positif COVID-19

Bupati Bogor Sidak Puskesmas yang Viral karena Staf Asyik Karaokeanilustrasi ibu hamil (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia pun meluruskan bahwa dalam video yang viral kemarin ternyata setelah ditelusuri ibu hamil tersebut tidak terpapar COVID-19, melainkan hanya ingin menanyakan tentang BPJS ke Puskesmas. Justru yang merekam video tersebut ternyata positif COVID-19. 

"Ini ada simpang siur informasi, untuk perekam video viral yang positif itu sudah ditangani oleh Satgas Covid-19 ke Wisma Kemang untuk diisolasi," imbuhnya. 

3. Bupati Bogor minta Kadinkes perbaiki layanan kesehatan

Bupati Bogor Sidak Puskesmas yang Viral karena Staf Asyik KaraokeanBupati Bogor Ade Yasin (IDN Times/Rubiakto)

Bupati Bogor Ade Yasin minta agar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor membenahi pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas di Kabupaten Bogor untuk mengantisipasi adanya puskesmas yang lalai dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terlebih di tengah kondisi pandemik COVID-19 seperti saat ini. 

"Kejadian ini bisa menjadi contoh dan bahan pembelajaran jangan sampai terjadi kembali di Puskesmas manapun, serta masyarakat harus aman dan nyaman saat membutuhkan pengobatan," katanya.

Ade Yasin mengaku telah perintahkan Kadinkes untuk memperbaiki dan mengevaluasi pelayanan di seluruh Puskesmas agar masyarakat kembali aman dan nyaman saat berobat. 

"Ini menjadi pembelajaran buat Dinas Kesehatan tentunya agar kejadian serupa tidak terulang," tuturnya. 

Baca Juga: PPKM Darurat, Bogor Perluas Penyekatan Kendaraan hingga Batas Kota

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya