Comscore Tracker

Bogor Bergerak Antisipasi Masuknya COVID-19 Varian B117

Wali kota Bima Arya minta adanya deteksi dini

Bogor, IDN Times - Kemunculan mutasi COVID-19 varian B117 asal Inggris telah membuat resah masyarakat. Apalagi, disebutkan kalau varian B117 ditemukan terhadap dua pasien yang asalnya dari Karawang.

Agar virus tersebut tidak segera masuk ke Kota Bogor, Wali Kota Bogor, Bima Arya, meminta jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor melakukan deteksi dini dan memantau terkait mutasi COVID-19 B117 asal Inggris. 

Baca Juga: Hindari B117, Ridwan Kamil Minta Pintu Internasional Diwaspadai 

1. Minta Dinkes dalami varian B117

Bogor Bergerak Antisipasi Masuknya COVID-19 Varian B117IDN Times/Kevin Handoko

Bima Arya mengatakan pihaknya telah meminta Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk mendalami virus B117 yang baru terdeteksi.

"Saya minta Dinkes agar mendalami terkait varian virus baru ini dan melaporkan segera gejala-gejala yang lebih spesifik agar kami bisa sosialisasikan. Upaya mekanisme deteksi dini lebih baik," kata Bima Arya.

2. Kota Bogor belum terima informasi detail soal B117

Bogor Bergerak Antisipasi Masuknya COVID-19 Varian B117(IDN Times/Kevin Handoko)

Bima menjelaskan hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor belum mendapatkan informasi detail terkait virus yang diumumkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang telah ditemukan di Karawang.

"Hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor belum mendapatkan informasi detail terkait virus B117," tukas Bima Arya.

3. Minta semua pihak waspada

Bogor Bergerak Antisipasi Masuknya COVID-19 Varian B117Wali Kota Bogor Bima Arya (IDN Times/Kevin Handoko)

Menurutnya penanganan serempak, turun dari hulu hingga hilir diperlukan dalam mengantisipasi kehadiran varian B117. Wali kota, Kapolres, Dandim dan jajarannya harus mengawasi serta memantau secara intensif untuk mencegah penyebaran varian B117.

"Sehingga, semuanya bergerak melalui RW siaga, posko kelurahan, ada koordinasi dengan dinas, suplai logistik, pembinaan, pengawasan pencegahan semuanya ada di situ. Kalau longgar di situ, bubar semua," jelas Bima Arya.

Baca Juga: [Wansus] Eijkman Blak-blakan soal Mutasi Virus Corona B117 Masuk RI

Topic:

  • Rubiakto
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya