Hari Pertama Libur Natal, Tidak Ada Kemacetan di Kawasan Puncak Bogor

Menhub berterima kasih kepada masyarakat

Bogor, IDN Times - Libur pertama Natal dan Tahun Baru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi pos polisi 2B Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, guna memantau arus lalu lintas yang selalu padat di kawasan wisata ini.

"Saya bersama lalu lintas lintas dari dan ke Jakarta melalui tol arah barat dan juga ke arah Ciawi," kata Budi Karya, Bogor, Kamis (24/12/2020).

Menurut Budi Karya, berdasarkan pantauan lalu lintas di kawasan Puncak terlihat tidak macet. "Dari pantauan kita terlihat bahwa tidak macet, artinya sesuatu yang dibayangkan kemacetan itu tidak ada," kata dia.

Baca Juga: H-1 Libur Natal, 44 Ribu Orang Lebih Melintasi Pelabuhan Batam

1. Budi Karya berterima kasih

Hari Pertama Libur Natal, Tidak Ada Kemacetan di Kawasan Puncak BogorIDN Times/Axel Joshua Harianja

Menhub mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang berbeda di rumah selama pandemik seperti sekarang ini. Karena menurutnya hal tersebut dapat mengurangi risiko terhadap terpaparnya COVID-19 dan mematuhi pemerintah untuk tidak bepergian.

Budi Karya juga mengatakan berdasarkan survei yang telah dilakukan bahwa 70 persen masyarakat lebih suka berada di rumah selama pandemik. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara kita yang berada di rumah, karena itu satu sisi mengurangi risiko terhadap terpaparnya COVID-19," kata dia. 

2. Menhub juga apresiasi polisi dan Dishub

Hari Pertama Libur Natal, Tidak Ada Kemacetan di Kawasan Puncak BogorAntrean kendaraan dalam kemacetan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). Pada libur nasional Pilkada Serentak 2020 ini jalur Puncak Bogor terpantau padat, ramai dan lancar sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup jalur (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Budi Karya juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan semua stakeholders. Baik dari jajaran polisi maupun Dinas Perhubungan. Sebab, dari pantauannya secara acak rapid test antigen secara dilakukan di mana-mana.

"Saya bertemu dengan Korlantas di Terminal Kampung Rambutan pada tadi pagi, ada sembilan yang kita tes tidak ada yang positif. Di rest area arah timur ada 80 dan hanya ada tiga yang positif. Untuk di Puncak Bogor di arah Ciawi satu titik, dari 100 orang cuma satu yang positif, dan untuk di Gadog ini tidak ada," katanya.

Artinya, kata Menhub, masyarakat juga sudah menyadari bahaya virus corona hingga mereka juga tidak bepergian, dan memilih diam di rumah.

3. Menhub mengimbau masyarakat tetap terapkan protokol kesehatan

Hari Pertama Libur Natal, Tidak Ada Kemacetan di Kawasan Puncak BogorIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Budi Karya juga mengimbau kepada masyarakat yang saat ini sedang berlibur di tempat wisata kawasan Puncak Bogor, agar menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat. Bagi yang belum bepergian disarankan agar sebaiknya diam di rumah.

"Tapi lebih baik tidur di rumah, enak bisa sehat, bisa fit, ya dan membantu pemerintah agar tidak ada penyebaran COVID-19," imbau Menhub.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, ASN Diimbau Tak Bepergian ke Luar Kota

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya