Jokowi Minta Vaksinasi Drive Thru di Kota Bogor Ditiru Daerah Lain

Jokowi berharap semakin banyak orang terima vaksin

Bogor IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta semua daerah berinovasi dalam memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19. Ia mengatakan vaksinasi virus corona secara drive thru yang dilaksanakan di Kota Bogor bisa sebagai contoh.

"Kita harapkan dengan model-model seperti ini bisa dilakukan di kota lain dan provinsi lain sehingga mempercepat proses vaksinasi di Tanah Air," kata Jokowi usai meninjau vaksinasi drive thru di GOR Padjajaran, Kota Bogor, Jumat (19/3/2021).

Jokowi meninjau proses vaksinasi tersebut didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Ia menilai inovasi ini bisa mempercepat program vaksinasi COVID-19 nasional.

"Baru saja saya melihat proses drive thru vaksinasi yang dilakukan di Kota Bogor. Saya melihat prosesnya berjalan lancar dari mulai proses registrasi, pendaftaran, screening, kemudian suntikan vaksin semuanya berjalan dengan baik," ujarnya.

1. Tinjau vaksinasi calon jemaah haji di Kota Bogor

Jokowi Minta Vaksinasi Drive Thru di Kota Bogor Ditiru Daerah LainDok Humas Pemkot Bogor

Baca Juga: Didampingi Ridwan Kamil, Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Bogor 

Selain di GOR Padjajaran, Jokowi sebelumnya meninjau proses vaksinasi di Puri Begawan. Peserta vaksinasi di lokasi tersebut adalah pelayan publik, calon jemaah haji, hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Hari ini, di tempat ini, kurang lebih akan divaksin 500 pelayan publik, kemudian jemaah haji, kemudian tokoh agama dan masyarakat semuanya. Yang kita harapkan ini juga akan mempercepat proses vaksinasi secara nasional," kata Jokowi.

2. Jokowi berharap semakin banyak orang dapat vaksin

Jokowi Minta Vaksinasi Drive Thru di Kota Bogor Ditiru Daerah LainDok Humas Pemkot Bogor

Jokowi bercerita, dalam beberapa kunjungannya ke daerah, program vaksinasi COVID-19 sudah berjalan sesuai dengan rencana. Termasuk, kata dia, vaksinasi di Kota Bogor.

"Dan hari ini di Kota Bogor juga dilakukan vaksinasi massal secara besar-besaran. Baik di sini maupun di tempat yang lain," kata Kepala Negara.

Dia berharap semakin banyak orang yang mendapatkan vaksin virus corona. Sehingga, terbentuk herd immunity dan kekebalan kelompok.

"Dan kita harapkan bisa menekan laju penularan COVID-19 yang ada di negara kita," ujarnya.

3. Ridwan Kamil dorong daerah lain percepat vaksinasi

Jokowi Minta Vaksinasi Drive Thru di Kota Bogor Ditiru Daerah Lain ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sementara itu, Ridwan Kamil mendorong semua daerah di wilayah Jawa Barat untuk mempercepat proses vaksinasi COVID-19. Ia mengatakan penyelenggaraan vaksinasi bisa memanfaatkan gedung olahraga, hotel, GOR, atau membuat vaksinasi drive thru.

"Sebenarnya itu arahannya (Presiden Jokowi), karena bulan Juni kan targetnya semua profesi publik dan lansia harus selesai, supaya Juli masuk ke kelompok umum kan," kata Ridwan Kamil.

"Jadi harapannya itu, khusus untuk Jawa Barat karena kasusnya memang banyak di Jabodetabek, maka saya diminta menguatkan di Bogor, Depok, Bekasi," imbuhnya.

Baca Juga: Kata Ridwan Kamil, Jangan Merasa Superman meski Sudah Di-vaksin

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya