Konvoi Moge Plat B Lolos Pemeriksaan Menuju Puncak Lewat Kota Bogor

Konvoi moge masuk Kota Bogor dari arah Jalan Raya Parung

Bogor, IDN Times - Rombongan konvoi yang terdiri dari belasan motor gede (moge) dengan pengawalan dari kepolisian lolos dari checkpoint sistem ganjil genap tanpa pemeriksaan di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021).

Padahal Kota Bogor tengah gencar memperketat volume kendaraan yang masuk dengan menerapkan sistem ganjil genap. 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudi menegaskan, seharusnya tidak boleh ada satupun kendaraan yang melintas sebelum diperiksa tanpa pengecualian.

"Harusnya semua diperiksa, sudah saya telepon tadi penanggung jawab dari Dishub," ungkap Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dody Wahyudin saat dikonfirmasi hari ini.

1. Konvoi moge berplat B masuk Kota Bogor pukul 8.30 WIB

Konvoi Moge Plat B Lolos Pemeriksaan Menuju Puncak Lewat Kota BogorPetugas gabungan Satgas COVID-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pantauan wartawan, iring-iringan motor berplat nomor B itu memasuki kawasan Kota Bogor sekitar pukul 08.30 WIB dari arah Jalan Raya Parung melalui Sholeh Iskandar. 

Petugas gabungan dari Dishub dan Kepolisian di simpang Lotte Grosir Yasmin tak satupun berani memberhentikan rangkaian kendaraan untuk melakukan pemeriksaan plat nomor.

2. Beberapa kendaraan bernomor ganjil

Konvoi Moge Plat B Lolos Pemeriksaan Menuju Puncak Lewat Kota BogorPetugas gabungan Satgas COVID-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Diketahui, beberapa kendaraan di antaranya berplat nomor ganjil yang dilarang saat pemberlakuan sistem ganjil genap di tanggal genap. 

Padahal Jumat (12/2/2021) terdapat larangan bagi pengendara kendaraan berpelat mobil ganjil.

3. Kronologi rombongan moge terobos pemeriksaan

Konvoi Moge Plat B Lolos Pemeriksaan Menuju Puncak Lewat Kota BogorBupati Kabupaten Bogor Bogor Ade Yasin (Dok. Humas Kabupaten Bogor)

Pemeriksaan pengunjung atau wisatawan yang ingin memasuki kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diperketat selama libur panjang Imlek guna mengurangi penularan COVID-19.

Bupati Bogor turun langsung mengamankan dan memeriksa rapid antigen bagi pengunjung yang ingin memasuki kawasan Puncak Bogor, Jumat (12/2/2021).

Namun sekitar pukul 08.30 WIB, rombongan pengendara moge alias motor gede lolos dari pemeriksaan. Dengan lancarnya, mereka menuju kawasan Puncak.

Pada saat yang sama, tepatnya di Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, puluhan hingga ratusan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor melakukan operasi yustisi di Jalan Raya Puncak.

Bupati Bogor Ade Yasin yang datang usai rombongan pengendara moge lewat pun mengatakan walaupun lolos dalam operasi di Jalan Raya Puncak, Desa Gadog, mereka akan diperiksa di titik operasi yustisi lainnya.

"Kalau pun mereka lolos dalam operasi yustisi di Jalan Raya Puncak, Desa Gadog jangan senang dulu, karena ada operasi yustisi lainnya di Pasar Cisarua, objek wisata, hotel, dan Rindu Alam, Puncak Pass," kata Ade.

Ade yang juga Ketua Satgas Penanganan COVID-19 ini meminta jajarannya tegas dalam menegakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 Tahun 2021 dan Keputusan Bupati (Kepbup) Nomor: 443/14/Kpts/Per-UU/2021, tentang perpanjangan kedelapan pemberlakuan PSBB pra AKB melalui sistem PPKM.

"Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor harus tegas dalam menegakkan aturan PPKM dan memulangkan wisatawan yang tidak menunjukkan hasil non-reaktif rapid test antigen paling lama tiga hari sebelumnya. Ketegasan itu perlu karena pandemik atau penularan wabah COVID-19 juga tidak berkompromi kepada kita hingga angka masyarakat yang terpapar COVID-19 masih terbilang tinggi," kata Ade.

Baca Juga: Efek Viral Ayu Ting Ting Diputar Balik, Mobilitas di Bogor Turun 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya