Millennials & Lansia Ramai-Ramai Nyoblos di TPS 29 Jombang

#1000MillennialsKawalPemilu Banyak banget yang mencoblos

Pesta demokrasi Indonesia akhirnya digelar serentak di seluruh Indonesia pada hari ini, Rabu (17/4). Warga di kota Jombang pun tak ketinggalan menggunakan hak suaranya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019 - 2024.

Kali ini IDN Times berkesempatan untuk meliput suasana pencoblosan di TPS 29 yang berlokasi di Perumahan Pulo Asri Sejahtera, Jombang, Jawa Timur.

1. TPS 29 merupakan salah satu TPS yang ada di Perumahan Pulo Asri Jombang

Millennials & Lansia Ramai-Ramai Nyoblos di TPS 29 JombangDok. Pribadi

Di perumahan Pulo Asri Jombang terdapat 3 TPS yang terdaftar, yaitu TPS 29, 30 dan 31. Lokasi ketiga TPS pun relatif berdekatan. TPS 29 sendiri terletak di RT 7 blok L Perumahan Pulo Asri Sejahtera, Jombang. Uniknya, TPS 29 ini memanfaatkan bangunan rumah yang masih setengah jadi, namun audah aman dan kokoh untuk ditempati sebagai lokasi TPS. Ada 4 bilik untuk mencoblos di TPS ini, sehingga proses pencoblosan pun berjalan lancar.

Petugas KPPS di TPS 29 cukup sigap dalam melayani dan memberikan arahan kepada warga yang hendak mencoblos. Baik yang muda-mudi maupun pencoblos lansia diberikan arahan dengan sangat baik.

2. Pemilu 2019 kali ini cukup menyulitkan warga yang sudah berusia lanjut

Millennials & Lansia Ramai-Ramai Nyoblos di TPS 29 JombangDok. Pribadi

Pemilu bersama yang diadakan 17 April 2019 ini tidak hanya untuk memilih pasangan presiden dan wakil presiden Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa total ada 5 jenis surat suara yang harus dicoblos oleh warga, yakni Presiden dan Wakil Preaiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab./ Kota.

Budiono (68), salah satu warga perumahan Pulo Asri Sejahtera yang menggunakan hak pilihnya di TPS 29 ini mengaku sedikit kebingungan saat mencoblos.

"Cukup menyulitkan buat saya yang sudah tua ini. Bingung, terlalu banyak yang harus dicoblos. Malah ada yang tak coblos dua, tiga, wes mbuh mana yang sah, ndak tau lah. Yang penting saya cuma nyoblos calon presiden dan wakil presiden saja," ucapnya sambil tertawa.

Ketika ditanya mengenai harapannya kepada calon presiden dan wakil presiden pilihannya, Budiono mengungkapkan aspirasinya kepada IDN Times.

"Siapa pun yang jadi presiden harapan saya sih semoga orang pensiunan kayak saya ini lebih baik dan lebih diperhatikan nasibnya. Pokonya Presidennya bisa mengubah keadaan ekonomi Indonesia lebih baik, ojo mundak terus pajek-pajeknya (jangan naik terus pajak-pajaknya). Sekarang aja pajak rumah wes mundak" (sekarang saja pajak rumah sudah naik)," imbuh pensiunan PNS yang sudah tinggal di Pulo Asri selama 13 tahun ini.

Baca Juga: Pesta Demokrasi, Pemilu di TPS 13 Jombang Didominasi Emak-emak

3. TPS 29 di Pulo Asri sudah dibuka pukul 07.00 WIB, namun proses pemungutan suara sedikit molor karena kendala teknis

Millennials & Lansia Ramai-Ramai Nyoblos di TPS 29 JombangDok. Pribadi

Seperti TPS lainnya, tepat pada pukul 07.00 WIB TPS 29 di Perumahan Pulo Asri sudah melakukan woro-woro melalui speaker masjid setempat kepada warga yang terdaftar untuk datang mencoblos. Namun terjadi sedikit kericuhan saat pemilihan dimulai. Terdapat kesalahan pelipatan surat suara sehingga petugas KPPS harus memperbaiki dan memastikan kembali jumlah surat suara yang akan dipakai oleh warga.

Nurul Wahyudi, Ketua TPS 29 mengungkapkan bahwa kesalahan teknis yang terjadi tersebut cukup banyak menyita waktu, sehingga sempat memicu keributan kecil dari warga. "Kami molor sekitar 30 menit lebih. Sekitar 07.40 WIB kami baru mulai. Karena molor sampai-sampai ada warga yang protes. Bahkan ngancam mau golput."

Menurut Nurul, antusiasme warga di Pulo Asri untuk mencoblos sangat tinggi. Tak hanya warga yang mencoblos, para petugas KPPS dan saksi pun sangat antusias dengan Pemilu saat ini. 

"Jumlah pencoblos ada 269, kami dapat surat suara cadangan sebanyak total 275. Alhamdulillah hingga saat ini pukul 11.21 WIB sudah tercatat 180 warga yang sudah menyalurkan suaranya. Belum pukul 12 tapi sudah separuh lebih yang nyoblos", ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai persiapan dan antisipasi terhadap tindak kecurangan ataupun plotik uang, Nurul menjelaskan bahwa ia tidak berkepentingan mengenai politik uang. Menurutnya, yang terpenting, ia dan petugas yang lain mampu mengemban tugas dengan baik.

"Sebagai petugas KPPS kami tidak berhak menjawab mengenai politik uang. Yang penting bagi kami, gimana tugas ini bisa kami jalankan dengan baik. Jangan sampai ketua saja yang paham, yang lain juga paham. Melek kerja, melek pengetahuan, dan melek apa yang harus dilakukan nanti."

"Banyak TPS yang tidak lengkap contoh surat suara yang harusnya ditempel di depan TPS. Kalau dilihat dari situ aih kesiapannya masih kurang. Tujuan untuk pemilu ini kan untuk mengirit biaya, nah kan kita2 ini yang akan jadi tumbal (jadi petugas), nah nanti kan ada evaluasi apakah ini dipertahankan atau tidak", imbuhnya.

Lilis Yundari (53), yang merupakan saksi di TPS 29 juga mengungkapkan bahwa antusias warga di Perumahan Pulo Asri Sejahtera Jombang ini sangat tinggi, baik yang muda maupun yang tua. "Warga di sini antusias banget. Semua berusaha pulang. Anak saya sendiri yang kuliah di Jember mbelan-mbelani (bela-belain) pulang tadi malam. Nyampe Bungurasih jam 1 malam. Baru sampai Jombang tadi pagi," ungkapnya sambil bercerita.

Menurut Lilis, di TPS 29 Perumahan Pulo Asri ini pun berjalan dengan damai. Tidak ada kecurangan maupun politik uang yang terjadi. "Alhamdulillah ndak ada. Ndak ada di sini. Warga di sini sudah punya kesadaran masing-masing," imbuhnya.

4. Penghitungan suara di TPS 29 berjalan dengan kondusif disaksikan oleh beberapa saksi

Millennials & Lansia Ramai-Ramai Nyoblos di TPS 29 JombangDok. Pribadi

Penghitungan suara di TPS 29 di Perumahan Pulo Asri ini dimulai pukul 13.00. Dari 269 DPT yang tercatat terhitung sebanyak 197 hak suara yang telah digunakan.

Penghitungan suara dimulai dengan menghitung hasil surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Hasil akhir dari penghitungan suara tercatat bahwa paslon nomor 1 Joko Widodo & Ma'ruf Amin unggul tipis dibanding paslon nomor 2 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Masing-masing nomor urut mendapatkan jumlah suara 101 dan 96.

Baca Juga: Ketua KPU: Keberatan Saat Mencoblos Sampaikan Langsung di TPS

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya