Anggota DPR Minta Tokoh Agama Dilibatkan Agar Masyarakat Mau Vaksinasi

Masih banyak warga yang tak percaya vaksin

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR Rahmad Handoyo mengusulkan agar tokoh agama dilibatkan untuk mempercepat proses vaksinasi COVID-19. Bahkan, ia juga mengusulkan lokasi vaksinasi berada di dekat rumah ibadah untuk semakin menarik minat masyarakat.

"Saya mengusulkan bila vaksinasi melibatkan tokoh agama dan tempat di sekitar tempat ibadah bisa dijadikan tempat vaksinasi akan bagus untuk sosialisasi dan edukasi percepatan vaksinasi dan umat bisa semakin menerima vaksin," ujar Rahmad kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Anies di Depan Gen Z: Ayo Vaksin, Rebut Masa Depan!

1. Masih banyak masyarakat yang tidak percaya vaksin

Anggota DPR Minta Tokoh Agama Dilibatkan Agar Masyarakat Mau VaksinasiIlustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Politikus PDIP ini mengatakan masjid, gereja, pura, wihara, dan kelenteng bisa menjadi sentra pengendalian COVID-19. Rahmad lalu mengatakan tokoh agama setempat bisa dilibatkan karena masih banyak masyarakat yang tidak percaya vaksin COVID-19.

Misalnya, kata Rahmad, ada masyarakat yang menolak divaksin karena menganggap vaksin berbahaya. Lalu, ada juga yang mempermasalahkan kandungan vaksin dan mempermasalahkan vaksin didatangkan dari negara tertentu.

"Banyak sekali isu-isu menyesatkan seputar vaksin sehingga membuat sebagian masyarakat tidak mau divaksin. Nah, saya percaya, jika para pemuka-pemuka agama yang mengatakan bahwa vaksin sangat bermanfaat serta membantu umat terhindar dari sakit parah akibat COVID-19, maka masyarakat yang sebelumnya tidak bersedia divaksin akhirnya akan datang dengan sukarela," tambahnya.

Baca Juga: Kemenkes: Stok Vaksin COVID-19 Cukup untuk Penuhi Permintaan Daerah 

2. Tokoh agama dinilai pasti mau ikut berpartisipasi bila diajak terlibat

Anggota DPR Minta Tokoh Agama Dilibatkan Agar Masyarakat Mau VaksinasiPresiden Jokowi cek langsung vaksinasi bagi tokoh agama di MAJT Semarang. YouTube Pemprov Jateng

Lebih lanjut, Rahmad mengatakan tokoh agama juga prihatin dengan bencana pandemik COVID-19. Hati pemuka agama, lanjutnya, pasti terketuk untuk membantu memerangi COVID-19.

"Hati mereka (pemuka agama) pasti terketuk. Mereka pasti merasa terpanggil untuk ikut memerangi COVID-19. Mereka pasti bersedia jika rumah ibadah mereka dijadikan sebagai tempat vaksinasi. Saya melihat, sudah cukup banyak rumah ibadah yang menggelar vaksinasi. Tapi agar target vaksinasi tercapai, hendaknya lebih banyak lagi rumah ibadah dijadikan sentra pengendalian COVID-19," katanya.

Rahmad lalu ingin agar pemerintah merealisasikan usulannya ini. "Pemerintah harus mendukung dengan cara menyalurkan sebagian anggaran penanggulangan COVID-19 melalui rumah ibadah seperti masjid, gereja, dan lainnya," tutup dia.

3. Total warga yang sudah disuntik vaksin COVID-19

Anggota DPR Minta Tokoh Agama Dilibatkan Agar Masyarakat Mau VaksinasiIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Berdasarkan data Satgas COVID-19, per 8 Agustus 2021, sudah ada 50.497.940 orang yang sudah disuntik vaksin dosis pertama. Sedangkan, jumlah penduduk yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis kedua ada 23.777.323 orang.

Pemerintah menargetkan 208.265.720 orang mendapatkan vaksin COVID-19. Target itu ditetapkan untuk mewujudkan herd immunity.

Baca Juga: Anggota DPR: Pemerintah Harus Putar Otak Agar Dapat Stok Vaksin COVID

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya