Demokrat Jatim Pastikan Kadernya Solid di Bawah Naungan AHY

Acara kubu Moeldoko dinilai hanya buat kader makin solid

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat kubu Moeldoko menggelar acara peringatan HUT ke-20 Demokrat di Hotel JHL Solitaire, Gading Serpong, Tangerang, Banten. Pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) pun memastikan kadernya makin solid di bawah pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meski ada kegiatan HUT yang diselenggarakan kubu Moeldoko.

"Kami di daerah, khususnya Jatim, tidak terpengaruh (acara HUT Demokrat kubu Moeldoko) dan justru makin solid," kata Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Reno Zulkarnaen ketika dihubungi, dilansir ANTARA, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Demokrat Kubu Moeldoko: AHY Harus Hormati Pendiri Partai!

1. Demokrat Jatim pastikan seluruh kadernya di bawah naungan AHY

Demokrat Jatim Pastikan Kadernya Solid di Bawah Naungan AHYKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Reno juga memastikan seluruh DPC di daerahnya berada di dalam komando AHY dan Sekjen Demokrat, Teuku Riefky Harsa. Dia mengatakan Partai Demokrat akan semakin solid hinga ke akar-akarnya ketika 'diserang'.

Salah satu buktinya, sambung, adalah ketika peringatan HUT Ke-20 Partai Demokrat lalu. HUT ini dihadiri puluhan ribu kader se-Indonesia meski secara virtual.

2. Acara HUT ke-20 Demokrat yang diselenggarakan kubu Moeldoko dibubarkan

Sebelumnya diberitakan, kbu Moeldoko menggelar acara peringatan HUT ke-20 Demokrat di Hotel JHL Solitaire, Gading Serpong, Tangerang, Banten. Namun, acara ini dibubarkan kader Demokrat kubu AHY.

Peristiwa bermula ketika kader Demokrat di Tangerang menerima surat bertuliskan Pendiri Partai Demokrat dengan kalimat Panitia Pelaksana HUT ke-20 Partai Demokrat. Dalam surat itu, ada nama Moeldoko yang disebutkan akan memberi sambutan.

Surat tersebut ditandatangani Ketua Panitia, Djoko Setyo Widodo. Surat tersebut menjelaskan acara akan digelar di Hotel JHL Solitaire, Gading Serpong, Tangerang, Banten, pada Jumat (10/9/2021) pukul 19.00 WIB.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten, yang juga Bupati Lebak, Iti Jayabaya, kemudian mendatangi langsung lokasi yang akan dijadikan acara. Dia datang bersama jajaran DPD Partai Demokrat Provinsi Banten dan DPC Partai Demokrat Tangerang Raya.

"Pada hari ini, seharian kita berkumpul, mencoba menegosiasikan apa yang kita inginkan terhadap marwah partai kita, yang kita cintai dan alhamdulillah tadi mereka sudah melakukan kesepakatan untuk membubarkan, dan mencopot atribut Demokrat yang berada di lokasi acara," ujar Iti dalam keterangan tertulis, Jumat (10/9/2021) malam.

Baca Juga: AHY Klaim Masa Keemasan Indonesia Berada di Era SBY

3. Kubu Moeldoko minta AHY hormati pendiri partai

Demokrat Jatim Pastikan Kadernya Solid di Bawah Naungan AHYSekjen Partai Demokrat versi KLB, Darmizal saat memberikan keterangan persnya di kawasan Hambalang (Rubiakto IDN Times)

Kubu Moeldoko angkat bicara usai acaranya dibubarkan. AHY pun diminta menjalankan demokrasi yang sehat.

"Tuduhan yang menyebut Moeldoko terlibat di acara HUT Partai Demokrat tersebut adalah tuduhan fitnah, membabi buta, kehilangan akal sehat dan mengangkangi demokrasi," ujar pengurus DPP Partai Demokrat kubu Deli Serdang, HM Darmizal.

Darmizal menilai seharusnya kubu AHY menghormati dan menghargai pendiri partai. Menurutnya, merayakan HUT partai pada 10 September itu sesuai sejarah, keinginan pendiri, dan akte pendirian partai.

"Menggeruduk kegiatan Syukuran Dwi Dasawarsa Partai Demokrat, sungguh tindakan tak bermoral, bar bar dan bermental Preman," ujar Darmizal.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya