Gerindra Tegur Fadli Zon karena Sindir Jokowi

Gerindra menyebut ucapan Fadli Zon tidak mewakili partai

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra memberikan teguran kepada kadernya, Fadli Zon, usai menyindir Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Juru Bicara Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan partainya juga meminta maaf jika sindiran Fadli Zon menimbulkan kegaduhan.

"Kepada beliau (Fadli Zon) sudah diberikan teguran dan kami juga meminta maaf apabila statement tersebut menimbulkan ketidaknyamanan," kata dia dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (15/11/2021).

1. Sindiran Fadli Zon tidak mewakili Gerindra

Gerindra Tegur Fadli Zon karena Sindir JokowiWakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (17/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Habiburokhman menegaskan sindiran yang dilontarkan Fadli Zon bersifat pribadi, tidak mewakili partai atau Fraksi Gerindra di DPR. Dia menambahkan teguran adalah hal yang biasa di Gerindra.

"Sebagai kader Gerindra, adalah hal yang biasa bagi kami jika ditegur apabila ada statement yang kurang tepat. Saya sendiri sebagai Jubir partai sering kena teguran, begitu juga rekan-rekan anggota DPR lainnya," ucap Habiburokhman.

Baca Juga: Jokowi Pamer Naik Motor di Mandalika, Fadli Zon Sindir Ini 

2. Fadli Zon sindir Jokowi, pertanyakan kapan presiden ke Sintang

Gerindra Tegur Fadli Zon karena Sindir JokowiFadli Zon. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Fadli Zon menyindir unggahan Jokowi yang memamerkan tengah menjajal Sirkuit Mandalika. Dalam unggahan tersebut, tampak foto Jokowi sedang mengendarai motor untuk mencoba Sirkuit Mandalika.

Presiden Jokowi sendiri baru saja meresmikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi event balap motor International World Superbike (WSBK). Peresmian dilakukan pada Jumat (12/11/2021).

Di unggahan Jokowi yang memamerkan Sirkuit Mandalika itu, Fadli Zon justru memberikan sindiran. Dia awalnya mengucapkan selamat atas peresmian Sirkuit Mandalika, namun juga menyindir Jokowi soal banjir di Sintang, Kalimantan Barat.

"Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah tiga minggu banjir belum surut," tulis Fadli Zon di akun Twitter-nya, @fadlizon.

2. Jokowi jajal Sirkuit Mandalika dan sebut tikungannya tajam

Gerindra Tegur Fadli Zon karena Sindir JokowiPresiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021) (Dok. Kementerian PUPR)

Presiden Jokowi sempat menjajal trek Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021). Menggunakan motor custom Kawasaki W175 berkonsep Cafe Racer, dengan jaket dan helm hitam yang dikenakan, Jokowi melibas trek basah Mandalika usai diguyur hujan.

Selepas menjajal sirkuit, Jokowi mengakui Sirkuit Mandalika menghadirkan kesulitan tersendiri baginya. Banyak tikungan tajam yang harus dia lewati, dengan total tikungan mencapai 17 titik. Namun, dia yakin sirkuit ini akan mudah dikuasai pembalap profesional.

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali. Ada 17 titik tikungan yang semuanya sulit buat saya. Kalau untuk pembalap, mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ujar Jokowi.

Selain kesulitan karena tikungan tajam, Jokowi juga mengaku tidak berani kebut-kebutan di sirkuit ini. Sebab, sirkuit agak basah akibat hujan yang mengguyur wilayah Mandalika. Dia pun tampak mengendarai motornya sedikit pelan.

"Ini kan Sirkuit Mandalika baru, dan tadi kan juga baru saja hujan jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal," ujar Jokowi.

Baca Juga: Indonesia Survey Center: Pemilih Jokowi Beralih ke Prabowo pada 2024

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya