Comscore Tracker

Kaget, Gerindra Nilai Deklarasi Poros Prabowo-Puan Tidak Lazim

Dasco: Gerindra kaget ada deklarasi dukungan Prabowo-Puan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah orang yang menamakan diri Poros Prabowo-Puan mendeklarasikan dukungan bagi Prabowo Subianto dan Puan Maharani sebagai pasangan calon (paslon) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Partai Gerindra mengaku kaget dengan hal tersebut. 

"Ya biasanya kalau deklarasi relawan itu kan mendukung satu calon. Entah mau jadi calon presiden (capres), kan banyak nih, kita kaget juga ada yang sudah mendahului partai, relawannya justru sudah berkoalisi," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga: Sekelompok Orang Deklarasi Dukung Prabowo-Puan Maju Pilpres 2024

1. Dasco sebut deklarasi Prabowo-Puan tidak lazim

Kaget, Gerindra Nilai Deklarasi Poros Prabowo-Puan Tidak LazimKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Terkait deklarasi Prabowo-Puan, Dasco tak menjawab apakah keduanya berpotensi menjadi paslon di Pilpres 2024 atau tidak. Dia hanya mengatakan Gerindra tidak mengetahui hal tersebut.

"Tapi kita terus terang tidak tahu dan mudah-mudahan aja bahwa deklarasi kemarin itu maksudnya baik. Karena tidak lazim, ini masih jauh sudah mendeklarasi pasangan calon, mudah-mudahan maksudnya baik," imbuhnya.

Dasco menambahkan Gerindra masih fokus untuk konsolidasi internal partai. Dia mengatakan puluhan DPD Partai Gerindra sudah menyatakan diri untuk meminta Ketua Umumnya, Prabowo Subianto untuk maju sebagai capres 2024.

"Sampai saat ini rapat koordinasi daerah sudah 24 atau 25 yang menyatakan meminta Pak Prabowo maju sebagai capres," ucapnya.

"Pada waktunya kita akan tentukan apakah Pak Prabowo maju dan apakah Pak Prabowo kemudian menerima, lalu kemudian calon dari Partai Gerindra, kita akan declare," tambahnya.

2. Sejumlah orang deklarasikan dukungan Prabowo-Puan jadi paslon 2024

Kaget, Gerindra Nilai Deklarasi Poros Prabowo-Puan Tidak LazimSekelompok massa yang menyebut dirinya relawan Poros Prabowo-Puan mendeklarasikan Prabowo Subianto dan Puan Maharani sebagai pasangan calon (paslon) di Pilpres 2024, Rabu (3/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sekelompok orang yang menamakan diri Poros Prabowo-Puan, mendeklarasikan dukungan agar Prabowo Subianto dan Puan Maharani maju sebagai paslon di Pilpres 2024 nanti.

"Kenapa kami memilih prabowo-Puan? Karena memang bangsa Indonesia saat ini sedang membutuhkan pemimpin yang kuat, pemimpin yang negarawan, pemimpin yang bisa menyatukan semua elemen bangsa," kata Koordinator Poros Prabowo-Puan, Andianto saat konferensi pers di Jakarta Timur, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Gema Puan Sebut Ada Buzzer Adu Domba Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

3. Usai deklarasi, Poros Prabowo-Puan akan lobi-lobi ke Gerindra dan PDIP

Kaget, Gerindra Nilai Deklarasi Poros Prabowo-Puan Tidak LazimPuan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Andianto mengaku pihaknya tidak mengkomunikasikan deklarasi ini ke Prabowo dan Puan. Dia mengatakan deklarasi Poros Prabowo-Puan murni aspirasi seluruh pemuda di Indonesia.

"Ini aspirasi dari masyarakat, ini aspirasi dari tokoh pemuda, kita meminta kepada Prabowo-Puan agar berpasangan. Karena pasangan ini adalah pasangan yang paling ideal untuk bisa menyelesaikan semua problem-problem bangsa Indonesia," ucapnya.

Dia memahami pencalonan capres dan cawapres merupakan kewenangan partai politik (parpol). Agar Prabowo-Puan terwujud sebagai paslon 2024, Andianto mengatakan Poros Prabowo-Puan akan melakukan lobi-lobi ke Gerindra dan PDIP.

"Kami akan meminta ke partai politik, khususnya untuk partai Gerindra, Partai PDIP, dan partai lainnya untuk mengusung Prabowo-Puan dalam pilpres 2024. Dan kami secara internal akan menkonsolidasikan, mengkomunikasikan dan melakukan mobilisasi kepada rakyat Indonesia agar mendukung Prabowo-Puan," kata dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya