Kongres AS ke DPR, Bahas Kerja Sama Bidang Kesehatan dan Pertahanan

Kongres AS puji Indonesia soal penanganan pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - DPR RI menerima kunjungan delegasi kongres Amerika Serikat (AS). Pimpinan delegasi AS untuk Asia-Pasifik, Amerish Babulal "Ami" Bera merasa terhormat karena bisa menemui anggota parlemen dari Indonesia.

"Merupakan kehormatan bagi saya memimpin delegasi anggota Kongres Amerika Serikat ke Indonesia," kata Ami Bera saat konferensi pers di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga: DPR Desak Nadiem Ubah Aturan Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus

1. AS akan sediakan vaksin untuk masyarakat Indonesia

Kongres AS ke DPR, Bahas Kerja Sama Bidang Kesehatan dan PertahananKonferensi pers anggota parlemen Amerika Serikat dan DPR RI, di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat, 12/11/2021 (IDN Times/Sachril)

Ami Bera mengatakan pihaknya dengan DPR membahas banyak hal. Salah satunya, terkait penanganan pandemik COVID-19.

"Saya ingin memuji tanggapan dari pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia yang menanggapi, yang telah berhasil menangani pandemik COVID-19," ucapnya.

Dia menambahkan Indonesia dan AS mirip, sama-sama sebagai negara terbesar di dunia dalam hal demokrasi dan jumlah penduduk. Oleh karena itu, Ami Bera percaya Indonesia dan AS bisa terus bekerja sama dan membangun hubungan yang lebih kokoh.

"Kongres Amerika Serikat dan rakyat Amerika Serikat berkeinginan untuk terus bekerja sama dengan Republik Indonesia agar kami bisa menyediakan vaksin untuk kita bisa mengalahkan COVID-19," ucapnya.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Ketua Dewan Gavi Bicara soal Pemborosan Vaksin COVID-19

2. Bahas juga kerja sama perdagangan dan pertahanan

Kongres AS ke DPR, Bahas Kerja Sama Bidang Kesehatan dan PertahananKonferensi pers anggota parlemen Amerika Serikat dan DPR RI, di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat, 12/11/2021 (IDN Times/Sachril)

Di tempat yang sama, anggota Badan Kerja Sama Antarparlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menambahkan delegasi Kongres AS dan DPR RI juga membahas kerja sama di sektor perdagangan. Tak hanya itu, sambungnya, dalam pertemuan itu juga membahas kerja sama pertahanan negara.

"Dan tentunya harapannya ke depan, hubungan perdagangan, hubungan kesehatan, tadi dibahas, hubungan defense atau pertahanan, juga kita harapkan (kerja sama itu) ditingkatkan di masa-masa yang akan datang," kata Putu.

3. Pertemuan diharapkan bisa menguatkan hubungan antara Indonesia dan AS

Kongres AS ke DPR, Bahas Kerja Sama Bidang Kesehatan dan PertahananAnggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat, 12/11/2021 (IDN Times/Sachril)

Putu mengatakan pertemuan anggota Kongres AS dan Indonesia ini adalah yang pertama kali dilakukan. Pertemuan baru dilakukan hari ini karena terkendala pandemik COVID-19.

Dari pertemuan ini, Putu berharap hubungan Indonesia dan AS semakin erat.

"Dengan momentum ini kami berharap hubungan akan lebih baik lagi antara parlemen Indonesia dan Amerika, dan hubungan antara hubungan bangsa dan kedua masyarakatnya jauh lebih meningkat dan pada akhirnya diharapkan memberikan manfaat bagi kedua negara dan bangsa," ujar Putu.

Baca Juga: Hasil Kunker Anggota DPR ke Ekuador Tak Bisa Jadi Masukan RUU PKS?

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya