Rektor UI Mundur dari Jabatan Komisaris BRI, DPR: Sudah Semestinya

Fraksi Golkar apresiasi Rektor UI Ari Kuncoro

Jakata, IDN Times - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Wakil Ketua Komisi X DPR Fraksi Golkar Hetifah Sjaifudian mengapresiasi langkah yang dilakukan Ari Kuncoro.

"Kami rasa itu langkah yang sudah semestinya dilakukan dan patut diapresiasi. Semoga ke depannya dapat berfokus untuk mengembangkan UI menjadi world class university," ujar Hetifah saat dihubungi, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Posisi Komisaris BRI

1. Hetifah ingin rektor-rektor di universitas lain fokus memajukan pendidikan

Rektor UI Mundur dari Jabatan Komisaris BRI, DPR: Sudah SemestinyaIDN Times/Margith Juita Damanik

Hetifah menyebut peristiwa yang dialami Ari Kuncoro merupakan pelajaran untuk Majelis Wali Amanat (MWA) dan senat di seluruh universitas, agar menjaga dan menjunjung tinggi statuta. Dia berharap rektor-rektor tidak mudah teralihkan dari tanggung jawab utamanya.

"Begitu pula dengan rektor-rektor lainnya, sebaiknya berfokus memajukan kampus masing-masing dan tidak terpecah dengan konsentrasi di lembaga lainnya," ujarnya.

2. BRI umumkan Ari Kuncoro mundur dari jabatan komisaris

Rektor UI Mundur dari Jabatan Komisaris BRI, DPR: Sudah SemestinyaRektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro ketika berbicara di forum pemilihan rektor (www.ui.ac.id)

Sekadar informasi, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengumumkan Rektor UI Ari Kuncoro resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI. Pernyataan itu disampaikan BRI dalam keterbukaan informasi di BEI pada Kamis (22/7/2021) siang.

"Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri saudara Ari Kuncoro dari jabatannya selaku Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan per tanggal 21 Juli 2021," tulis Corporate Secertary BRI Aestika Oryza Gunarto.

"Sehubungan itu, Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur," lanjut Aestika.

Baca Juga: Rektor UIII Rangkap Jabatan, Setwapres: Kami Tak Pernah Beri Restu

3. BRI belum tunjuk pengganti Ari Kuncoro

Rektor UI Mundur dari Jabatan Komisaris BRI, DPR: Sudah SemestinyaDirektur Utama BRI Sunarso. Dok: BRI

Direktur Utama BRI Sunarso menegaskan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI Tahun 2021 belum membahas soal pengunduran diri Ari Kuncoro, sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen.

"Karena secara ketentuan atau prosedur tidak mungkin mengubah agenda RUPSLB dalam hitungan hari, paling tidak membutuhkan 45 hari," kata Sunarso dalam konferensi pers RUPSLB BRI, Kamis (22/7/2021).

Sunarso mengatakan rapat hanya membahas agenda tunggal yakni persetujuan untuk melakukan aksi korporasi penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue.

"Maka dalam agenda rapat hari ini hanya tunggal satu, menyetujui rencana penerbitan penambahan modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu," kata dia.

Sunarso menjelaskan BRI menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini, yang ditujukan ke Menteri BUMN Erick Thohir.

"Dan menyurati ke BRI untuk melakukan tindak lanjut secara adminstratif sesuai ketentuan," ujar Sunarso.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya