Tok! DPR Setuju Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Andika jalani fit and proper test pada Sabtu 6 November 2021

Jakarta, IDN Times - DPR menggelar rapat paripurna Masa Persidangan II Tahun 2021-2022 untuk memutuskan calon panglima TNI. Dalam rapat ini, DPR setuju Jenderal TNI Andika Perkasa jadi Panglima TNI.

Awalnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid memaparkan laporannya terkait hasil fit and proper test Andika Perkasa. Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani menanyakan persetujuan anggota dewan terkait hasil fit and proper test Andika Perkasa.

"Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi I DPR atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon panglima TNI tentang pemberhentian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P. dan menetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa E., M.A., M.Sc sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?" tanya Puan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (8/11/2021).

"Setuju," jawab anggota dewan kompak dilanjutkan tepuk tangan.

Baca Juga: Andika Perkasa Jamu Anggota Komisi I di Rumahnya dengan Nasi Liwet 

1. Komisi I DPR setuju Andika Perkasa jadi Panglima TNI

Tok! DPR Setuju Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNIGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Andika merupakan calon tunggal panglima TNI pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Terkait permohonan persetujuan atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat untuk diberikan persetujuan menjadi panglima TNI, kemudian juga poin lainnya adalah untuk rencana pemberhentian dengan hormat dari jabatan panglima TNI atas nama Hadi Tjahjanto," ujar Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di Kompleks Parlemen DPR/MPR, Sabtu (6/11/2021).

Meutya mengatakan, kesimpulan rapat Komisi I tersebut akan dibawa ke rapat paripurna DPR. Andika pun mengapresiasi keputusan Komisi I DPR.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada Komisi I yang sudah menyetujui dan saya siap menunggu tahapan berikutnya di DPR," ujarnya.

2. Andika Perkasa ungkap pesan Jokowi kepadanya

Tok! DPR Setuju Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNIPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Setelah Komisi I DPR sepakat dia jadi panglima TNI, Andika angkat bicara. Dia mengungkapkan pesan yang disampaikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepadanya.

"Melaksanakan tugas yang terbaik, dari Beliau begitu," ujar Andika soal pesan Jokowi.

Setelah mendapat persetujuan Komisi I, nama Andika Perkasa dibawa ke Rapat Paripurna hari ini untuk ditetapkan jadi panglima TNI. 

Baca Juga: 6 Kontroversi Calon Panglima TNI Andika Pilihan Jokowi-Direstui DPR

3. Wapres berharap Andika bisa buat Papua semakin kondusif

Tok! DPR Setuju Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNIWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Diketahui, Jenderal TNI Andika Perkasa dipilih Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai calon panglima TNI. Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin pun berharap Andika Perkasa bisa menyelesaikan masalah keamanan di Papua.

"Saya kira tentu kita berharap panglima yang baru nanti, akan meneruskan langkah-langkah panglima yang lama, dalam membangun kondusifitas keamanan di Papua dan lebih mempunyai pendekatan-pendekatan yang tentu lebih baik lagi," ujar Ma'ruf dalam keterangannya.

Dia pun berharap intensitas gangguan keamanan di Papua dapat semakin menurun usai Andika jadi panglima TNI.

"Saya yakin panglima yang baru itu punya konsep-konsep yang mungkin lebih memiliki pendekatan yang lebih baik lagi. Kita harapkan begitu," dia menambahkan.

Ma'ruf mengatakan, Andika Perkasa harus menerapkan konsep dan langkah strategis yang baik untuk menyelesaikan kasus di Papua. Tak hanya itu, Andika juga diharapkan menerapkan langkah-langkah yang humanis dan tetap mempertahankan penegakan HAM.

"Pembangunan ini tidak akan bisa berjalan kalau keamanan tidak terkendali (dan) tidak kondusif," katanya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya