Anwar Abbas Minta UNHCR dan Indonesia Beri Perhatian ke Pengungsi

Pengungsi Afghanistan hingga Rohingya banyak di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, KH Ahmad Abbas, meminta United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan pemerintah Indonesia memberi perhatian soal pengungsi asal luar negeri. Apalagi, di Indonesia saat ini ada banyak pengungsi.

"PBB dan pemerintah Indonesia harus memberikan perhatian serius terhadap para pengungsi dari Afghanistan, Rohingya dan Myanmar," ujar Anwar kepada wartawan, Jumat (7/1/2022).

1. Para pengungsi berada di beberapa penampungan

Anwar Abbas Minta UNHCR dan Indonesia Beri Perhatian ke PengungsiIlustrasi Pengungsi (IDN Times/Mardya Shakti)

Anwar mengungkapkan para pengungsi sedang berada di tempat-tempat penampungan di beberapa daerah di Indonesia. Kondisi mereka di penampungan begitu memprihatinkan, dengan masa depan tidak begitu jelas.

"Keadaan dan kesengsaraan yang mereka alami tampak sudah sangat berat. Sehingga cukup banyak dari mereka yang sudah stres dan tidak tahu lagi harus berbuat apa," tutur Anwar.

Baca Juga: Mahfud MD: Penampungan Pengungsi Rohingya Cuma Sementara

2. Anwar minta UNHCR dan pemerintah Indonesia cari solusi

Anwar Abbas Minta UNHCR dan Indonesia Beri Perhatian ke PengungsiPengungsi etnis Rohingya berada dalam tenda yang dibangun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur di Pulau Idaman, pesisir Pantai Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Aceh, Sabtu (5/6/2021). Saat ini 81 pengungsi itu dibawa ke Kota Medan. (ANTARA FOTO/Irwansyah)

Atas nama kemanusiaan, Anwar meminta pemerintah dan UNHCR tidak membiarkan masalah ini berlanjut. UNHCR harus segera mencarikan solusi agar para pengungsi ini bisa lebih diperhatikan.

"Untuk itu, PBB dan pemerintah Indonesia harus secepatnya bisa mencarikan solusi dan atau jalan keluar bagi kebaikan nasib dari masa depan mereka," tutur Anwar.

3. Semua pihak harus membantu pengungsi

Anwar Abbas Minta UNHCR dan Indonesia Beri Perhatian ke Pengungsi(Pengungsi Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Makassar)/ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Terakhir, Anwar meminta semua pihak membantu nasib para mengungsi yang saat ini tidak punya negara sebagai tempat perlindungan. Di hadapan Tuhan, ia mengatakan, semua manusia sama.

"Kita harus tahu dan sadar bahwa mereka adalah juga manusia yang juga punya hak untuk bisa hidup dengan layak dan bebas di muka bumi milik Tuhan ini," ujar Anwar.

Baca Juga: 7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan Bireuen

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya