7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan Bireuen

Warga Rohingya ditampung sementara di BLK Lhokseumawe

Jakarta, IDN Times - Setelah sempat terombang-ambing di perairan, sekitar 100 warga Rohingya akhirnya ditarik masuk ke daratan Bireuen, Aceh. Kapal kayu yang rusak itu akhirnya dapat berlabuh di Pelabuhan ASEAN, Kreung Gekeuh pada Kamis, 30 Desember 2021 sekitar pukul 23.58 WIB. 

Dikutip dari akun media sosial Komando Armada wilayah I TNI Angkatan Laut, Jumat (31/12/2021), kapal kayu yang mengalami mati mesin itu ditarik dengan menggunakan KRI Parang-647. "Mereka akhirnya tiba di daratan setelah ditarik dari laut lepas usai melewati 19 jam perjalanan," demikian ungkap Komando Armada Wilayah I. 

Sementara, kantor berita ANTARA melaporkan, ketika tiba di daratan, warga Rohingya yang mayoritas anak-anak dan perempuan itu, dalam kondisi lemas dan kedinginan. Apalagi, cuaca sejak kemarin turun hujan deras di perairan Bireuen. 

"Jadi, saat ini yang kami pikirkan sekarang adalah keselamatan jiwa mereka karena sudah lama terombang-ambing di lautan," ujar Protection Associate badan PBB untuk pengungsi, UNHCR, Oktina. 

Setelah diturunkan dari kapal kayu, warga Rohingya langsung menjalani skrining kesehatan. Sebab, Indonesia sedang berusaha mencegah agar kasus impor varian Omicron tidak terus bertambah. 

"Saat ini berdasarkan data sementara ada sekitar 120 orang (warga Rohingya) yang ditarik ke daratan. Nanti, akan kami lihat dan dilakukan penghitungan ulang seperti biasanya," ujarnya lagi. 

Ia menambahkan usai dilakukan tes skrining kesehatan, maka mereka akan dibawa ke Balai Latihan Kerja Lhokseumawe. Di sana, semua fasilitas telah disiapkan. 

"Di sana sudah ada air bersih hingga tempat tidur yang layak. Mereka akan mengikuti karantina sesuai dengan protokol kesehatan yaitu selama 14 hari," tutur dia. 

Ini bukan kali pertama, pemerintah menarik ke daratan kapal kayu yang berisi warga Rohingya. Lantaran dipersekusi di negara asalnya Myanmar, mereka memilih hengkang dari tanah airnya. Mayoritas dari mereka ingin berlayar menuju ke Malaysia. 

Berikut dokumentasi yang menggambarkan momen mengharukan evakuasi warga Rohingya yang nyaris kehilangan nyawa di perairan Bireuen.

1. TNI AL kerahkan kapal KRI Parang-647 untuk tarik kapal Rohingya yang berada di 53 nautical mile di laut lepas

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenKomando Armada Wilayah I TNI AL ketika menarik kapal kayu yang ditumpangi oleh warga Rohingya (www.instagram.com/@koarmada_1)

Baca Juga: RI Setuju Terima Warga Rohingya yang Terjebak di Perairan Bireuen

2. Koarmada I hampiri kapal kayu yang ditumpangi sekitar 100 warga Rohingya. TNI AL sebut proses penarikan kapal dimulai 30 Desember 2021 pukul 06.00 WIB

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenKomando Armada Wilayah I TNI Angkatan Laut (AL) ketika mengecek kondisi kapal kayu yang ditumpangi warga Rohingya di perairan Bireuen, Aceh. (www.instagram.com/@koarmada_1)

3. Pemda dan Koarmada I mendistribusikan bantuan logistik bagi warga Rohingya. Saat itu, pemerintah belum beri instruksi bawa kapal Rohingya untuk masuk ke daratan Indonesia

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenPemda dan TNI Angkatan Laut mendistribusikan logistik makanan kepada warga Rohingya yang sempat terombang ambing di perairan Bireuen (www.instagram.com/@tni_angkatan_laut)

4. Warga Rohingya tiba di pelabuhan ASEAN, Aceh pada Jumat dini hari. Kondisi mereka lemas dan kedinginan

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenSejumlah pengungsi etnis Rohingya menunggu di atas perahunya sebelum proses evakuasi di Pelabuhan ASEAN, Krueng Geukuh, Aceh Utara, Aceh, Jumat (31/12/2021). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

5. Pemerintah memutuskan menampung sementara warga Rohingya yang terombang-ambing di lepas laut Bireuen

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenPengungsi etnis Rohingya membantu temannya saat proses evakuasi di Pelabuhan ASEAN, Krueng Geukuh, Aceh Utara, Aceh, Jumat (31/12/2021). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

6. Warga Rohingya yang ditarik masuk ke Indonesia tetap jalani skrining kesehatan untuk cegah masuknya kasus impor COVID-19 Omicron

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenPetugas Palang Merah Indonesia (PMI) Lhokseumawe membawa anak pengungsi etnis Rohingya saat proses evakuasi di Pelabuhan ASEAN, Krueng Geukuh, Aceh Utara, Aceh, Jumat (31/12/2021). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Baca Juga: Mahfud MD: Penampungan Pengungsi Rohingya Cuma Sementara

7. Warga Rohingya ditampung sementara di Balai Kerja Lhokseumawe dan jalani karantina wajib selama 14 hari

7 Potret Kapal Rohingya yang Ditarik dan Dievakuasi ke Daratan BireuenSejumlah pengungsi etnis Rohingya menunggu di dalam bus saat proses evakuasi di Pelabuhan ASEAN, Krueng Geukuh, Aceh Utara, Aceh, Jumat (31/12/2021). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya