JK: Azyumardi Azra Adalah Sosok yang Punya Banyak Jasa

Azyumardi Azra adalah sosok yang dikagumi

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK), menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya Azyumardi Azra. Intelektual muslim itu berpulang pada Minggu (18/9/2022) di Malaysia.

JK mengenang sosok Azyumardi sebagai orang yang banyak berjasa bagi bangsa dan umat bahkan dunia internasional. JK juga mengungkapkan selama dua kali menjabat Wakil Presiden RI, dirinya pernah didampingi Azyumardi sebagai Deputi Politik dan Staf Khusus.

“Di samping sebagai profesor beliau juga pernah menjadi deputi dan staf khusus selama 10 tahun saya menjadi Wapres. Begitu banyak jasa beliau kepada kita semua, pada umat, kepada bangsa dan dunia internasional,” ujar JK dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Rektor UIN: Azyumardi Azra Pendorong Transformasi PTKIN

1. Azyumardi sosok yang dihormati di dunia internasional

JK: Azyumardi Azra Adalah Sosok yang Punya Banyak JasaKetua Dewan Pers, Azyumardi Azra saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

JK juga mengenang Azyumardi sebagai salah satu sosok yang sangat dihormati di kalangan intelektual dunia. Mantan Rektor UIN Jakarta itu menjadi orang Indonesia pertama yang mendapat gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) atau Sir dari kerajaan Inggris.

“Beliau orang pertama dan mungkin merupakan satu-satunya orang Indonesia yang mendapat gelar Lord atau Sir dan juga mempunyai keilmuan yang sangat dihormati di kalangan intelektual di dunia ini," ujar JK.

Baca Juga: Mengenang Azyumardi Azra, Cendekiawan Muslim yang Diakui Dunia

2. Doa dari JK untuk Azyumardi Azra

JK: Azyumardi Azra Adalah Sosok yang Punya Banyak JasaJusuf Kalla [tiga dari kiri] (ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari)

Mengakhiri ucapan belasungkawanya, JK secara pribadi dan mewakili keluarga serta Dewan Masjid Indonesia (DMI), turut mendoakan agar arwah almarhum mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah SWT.

“Oleh karena itu, saya pribadi dan keluarga serta DMI menyampaikan ucapan belasungkawa, dengan doa semoga arwah beliu mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah SWT," ujar JK.

Baca Juga: Menag: Azyumardi Azra Adalah Intelektual Berkaliber Dunia

3. Azyumardi sempat sakit saat akan ke Malaysia

JK: Azyumardi Azra Adalah Sosok yang Punya Banyak JasaIlustrasi Azyumardi Azra (IDN Times/Arief Rahmat)

Azyumardi dinyatakan sakit dalam penerbangan menuju Malaysia pada Jumat (16/9/2022). Almarhum terbang menuju Malaysia untuk menjadi narasumber Konferensi Internasional Persidangan Antarbangsa 'Kosmopolitan Islam' di Selangor, 17 September 2022.

Setelah mengeluhkan sakit, Kedutaan Besar RI di Malaysia dan tim panitia kegiatan merujuk almarhum untuk dirawat di RS Serdang. Namun, pada Minggu (18/9/2022) ini, Azyumardi Azra mengembuskan nafas untuk terakhir kalinya.

Baca Juga: Innalillahi, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya