Sehat Jiwa dan Pikiran ala Gen Z, Tips Agar Mental Sehat

Islam mengajarkan cara menjaga mental

Jakarta, IDN Times - Kesehatan mental jadi sesuatu yang cukup diperhatikan dewasa ini. Ternyata, Islam sudah mengatur mengenai bagaimana manusia semestinya menjaga mental.

Dalam program Sore Sore Berkah di IDN Times, Ustad Zacky Mirza memberikan gambaran, bagaimana Islam mengatur manusia dalam menjaga kesehatan mentalnya. Hal itu berkaitan dengan asupan nutrisi fisik dan roh dalam jiwa manusia.

Baca Juga: Sunah-Sunah Nabi saat Mengisi Ngabuburit, Ringan tapi Bermanfaat

1. Zikir sebagai upaya menjaga mental

Sehat Jiwa dan Pikiran ala Gen Z, Tips Agar Mental Sehatilustrasi zikir pagi dan petang (pexels.com/Michael Burrows)

Zacky berkata, dalam Islam, ada beberapa cara untuk menjaga kondisi mental. Salah satu yang bisa dilakukan adalah zikir. Dengan zikir, roh yang ada dalam tubuh manusia akan terisi dengan nutrisi yang dahsyat.

"Mental itu ditentukan dari bagaimana asupan roh dan fisik kita. Maka untuk roh, Allah memberikan satu nutrlisi yang begitu dahsyat. Apa itu? Mengingat Allah, zikir," ujar Zacky.

2. Salat juga jadi upaya menjaga kesehatan mental

Sehat Jiwa dan Pikiran ala Gen Z, Tips Agar Mental Sehatilustrasi salat berjamaah (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selain zikir, Zacky juga menyebut, ada satu cara lain dalam Islam untuk menjaga mental. Cara itu adalah salat. Dia berujar, dengan salat lima waktu, selain mengingat Allah SWT, hal itu juga bisa memberikan nutrisi bagi roh manusia.

"Allah berikan lima waktu sehari semalam untuk kita memberikan asupan bagi roh kita. Dalam salat, ada gerakan sujud. Hal itu memberikan kesempatan bagi jasad kita untuk dicas," ujar dia.

Baca Juga: Tata Cara Lengkap Salat Sunah Lailatul Qadar Berikut Doanya

3. Harus ada keseimbangan dalam hidup

Sehat Jiwa dan Pikiran ala Gen Z, Tips Agar Mental SehatUstaz Zacky Mirza di acara Sore-Sore Berkah By IDN Times

Lebih lanjut, Zacky berujar, Islam mengajarkan keseimbangan dalam hidup. Jadi, selain asupan nutrisi untuk roh, asupan untuk fisik berupa makanan bergizi juga harus tetap terjaga. Dengan begitu, kesehatan mental akan terjaga.

"Jangan pernah kita bermimpi punya mental yang sehat kalau kita tidak pernah mengingat Allah, karena dalam tubuh kita ada yang namanya roh," ujar Zacky.

"Namun, jangan juga kita melupakan asupan fisik. Kita ingin mengingat Allah, tapi kita tidak makan, kita tidak minum, puasa yang berlebihan, itu justru jadi dosa," tambahnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya