Anggota TGIPF: PT LIB Sebut Jam Pertandingan Malam karena Permintaan Broadcaster

Indosiar saling lempar kesalahan dengan PT LIB

Jakarta, IDN Times - Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), Rhenald Kasali mengatakan ada saling lempar kesalahan di antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan stasiun televisi Indosiar. Di dalam permintaan keterangan, PT LIB mengatakan pertandingan Arema FC VS Persebaya tetap digelar pukul 20:00 WIB lantaran ada permintaan langsung dari Indosiar. 

"PT LIB mengatakan broadcaster (Indosiar) mintanya begitu (jam pertandingan tetap malam) dan itu harus dipenuhi. Tapi, itu menurut LIB," ungkap Rhenald di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat pada Selasa malam, (11/10/2022). 

Ia menambahkan ada nilai kontrak yang cukup besar yang sudah diteken antara PT LIB dengan Indosiar. "PT LIB mengatakan mereka sudah terlalu sering mengubah jadwal (pertandingan)," tutur guru besar di bidang ilmu manajemen Universitas Indonesia (UI) itu. 

Pernyataan PT LIB ke TGIPF Kanjuruhan berbeda dengan pengakuan Direktur Programing Indosiar, Harsiwi Achmad. Ia menyebut Indosiar justru mengikuti apa pun ketentuan yang diputuskan oleh PT LIB. Seandainya PT LIB memutuskan setuju untuk memajukan jam pertandingan menjadi pukul 15:30 maka akan dipenuhi. 

"Memang dari jadwal itu sudah ada dan tersusun setahun ke depan. Tetapi, dalam perjalanannya itu bisa terjadi dinamika. Terjadi perubahan-perubahan yang mana perubahan itu akan dikomunikasikan oleh PT LIB kepada kami dan kami di Indosiar pasti mengikuti apapun. Soal berubah atau tidak berubah (jam pertandingan), PT LIB lah yang menentukan," kata Harsiwi pada malam ini. 

Hari ini menjadi hari terakhir bagi TGIPF melakukan permintaan keterangan kepada sejumlah pihak. Mulai Rabu esok, TGIPF akan melakukan analisa dan mulai menyusun rekomendasi. Diharapkan laporan dan rekomendasi bisa diserahkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Jumat, (14/10/2022).

Baca Juga: Indosiar Bantah Ada Produk Rokok Jadi Sponsor di Liga 1

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya