Indosiar Bantah Ada Produk Rokok Jadi Sponsor di Liga 1

Indosiar mengaku hanya mengikuti instruksi dari PT LIB

Jakarta, IDN Times - Direktur Program Indosiar, Harsiwi Achmad, membantah ada sponsor produk rokok yang tayang selama pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya. Bahkan, Indosiar tak menayangkan iklan rokok di semua Liga 1.

Soal sponsor rokok ini sempat diduga oleh anggota TGIPF Kanjuruhan, Rhenald Kasali, yang menjadi penyebab pertandingan pada 1 Oktober 2022 lalu harus tetap digelar malam hari pukul 20.00 WIB.

Rhenald menduga, laga berisiko tinggi itu harus digelar malam hari agar dapat mengakomodir penayangan iklan rokok setelah pukul 21.30 WIB.

"Saya kemukakan itu tidak benar. Karena di dalam Liga 1 tidak ada iklan sponsor rokok. Itu sudah terjadi sejak kami bekerja sama dengan Liga 1 dari 2018 sampai sekarang. Tidak ada iklan rokok sama sekali," ujar Harsiwi usai memberikan keterangan kepada TGIPF Kanjuruhan, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (11/10/2022).

Petinggi Indosiar ikut dimintai keterangan oleh TGIPF karena pertandingan Arema FC melawan Persebaya tayang di stasiun televisi swasta itu di akhir pekan. Ia menjelaskan, iklan rokok baru dapat muncul di jam 21.30 WIB di media televisi. Hal itu, kata Harsiwi, disebut sebagai time signal rokok.

"Itu dia tidak memilih program apa. Program apa saja bisa (diisi oleh iklan rokok), terserah, asal yang penting (tayang) jam 21.30 ke atas," tutur dia.

Harsiwi pun menepis bahwa jam pertandingan sengaja tetap digelar pukul 20.00 WIB agar dapat tayang di jam prime time di televisi. "Jadi, tidak ada sama sekali (keharusan agar tayang di jam prime time)," katanya.

Ia menjelaskan, Indosiar menayangkan pertandingan Arema FC VS Persebaya di malam hari sesuai dengan informasi dari PT Liga Indonesia Bersatu (LIB). Mereka diinformasikan oleh PT LIB pada 27 September 2022 bahwa pertandingan yang berisiko tinggi itu tetap digelar malam hari. Bukan digelar pukul 15.30 WIB seperti surat permintaan dari Kapolres Malang.

"Kami sudah mendapat konfirmasi dari PT LIB pada 27 September 2022 bahwa (pertandingan) sesuai dengan jadwal semula, yakni pukul 20.00 dan telah diizinkan oleh pihak kepolisian," ujarnya.

Baca Juga: TGIPF Temukan Sebagian Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan Kedaluwarsa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya