Bandara Soetta Dipenuhi Pengikut Rizieq Shihab, Warganet: Nyusahin

Calon penumpang terjebak macet menuju bandara

Jakarta, IDN Times - Warganet mengungkapkan kekesalan mereka ketika melihat arus lalu lintas menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, macet pada Selasa (10/11/2020) pagi. Hal itu lantaran para pengikut Front Pembela Islam (FPI) berbondong-bondong datang untuk menjemput pemimpinan mereka yang tiba dari Arab Saudi, Rizieq Shihab

Dari pantauan IDN Times di lapangan, massa sudah memenuhi area Bandara Soetta sejak Senin malam kemarin. Karena ada massa yang datang dalam jumlah besar, polisi menutup akses masuk menuju Bandara Soetta. Akibatnya, kemacetan pun tidak terhindarkan sejak Selasa subuh pukul 05.00 WIB. 

Salah satu pekerja, Gusti Iryandi (35) mengatakan, ia harus parkir di parkir umum liar yang ada di sekitar akses Transit Oriented Development (TOD) M1 Bandara Soekarno-Hatta. 

"Iya, saya jadinya parkir di tempat parkir liar di depan TOD. Daripada saya enggak bisa kerja. Bingung tadi udah muter lewat jurumudi katanya gak bisa," ungkap Gusti kepada IDN Times

Belum lagi para calon penumpang yang mengejar penerbangan pagi. Mereka juga terlihat khawatir ditinggal pesawat. 

Maka, warganet mengungkapkan unek-uneknya di media sosial. Sebagian menilai aksi penjemputan Rizieq di Terminal 3 Soekarno-Hatta menyusahkan publik. Alhasil, kata "nyusahin" sempat trending di media sosial. 

Sementara, di sisi lain para pendukung Rizieq Shihab justru menilai ada manfaatnya orang datang berbondong-bondong ke bandara pada hari ini. Apa itu?

1. Dengan banyaknya orang datang ke bandara bisa mendorong perputaran ekonomi

Bandara Soetta Dipenuhi Pengikut Rizieq Shihab, Warganet: NyusahinMassa simpatisan Rizieq Shihab memasuki kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Di sisi lain, para pendukung FPI justru menilai kedatangan mereka di bandara justru membantu memutar perekonomian yang saat ini sedang dilanda resesi. Pemilik akun @aliahinduan4 menjawab keluhan warganet melalui akunnya. 

"Yang Anda pikirkan cuma macet doang. Padahal, ada ekonomi yang bergerak massif di bandara. Banyak retail dan toko serta hotel yang melonjak ekonominya karena Beliau datang," kata pemilik akun tersebut. 

Ada pula yang membandingkan dengan peristiwa aksi unjuk rasa menentang pemberlakuan UU Cipta Kerja, hingga berujung terjadinya pembakaran halte di area Sarinah, Jakarta Pusat. 

Baca Juga: Rekam Jejak Rizieq Shihab, Pimpinan FPI yang Kontroversial

2. Rizieq Shihab tiba di Jakarta dengan menumpang pesawat Saudi Airlines dan duduk di kelas ekonomi

Bandara Soetta Dipenuhi Pengikut Rizieq Shihab, Warganet: NyusahinRizieq Shihab tiba di Jakarta dengan mengenakan masker (Tangkapan layar YouTube Front TV)

Sementara, dari pantauan YouTube Front TV, pesawat Saudi Airlines yang membawa Rizieq mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.15 WIB. Ia dan keluarganya duduk di kelas ekonomi usai terbang dari Jeddah, Saudi pada Senin malam, (9/11/2020). 

Rizieq terlihat mengenakan jubah putih dan menggunakan masker. Rencananya usai melalui proses pengecekan kesehatan, Rizieq langsung menuju kediamannya di area Petamburan, Jakarta Pusat. 

3. Garuda Indonesia memberi kompensasi bebas biaya reschedule dan refund

Bandara Soetta Dipenuhi Pengikut Rizieq Shihab, Warganet: NyusahinLivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Sementara, maskapai Garuda Indonesia terlihat memahami situasi yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Oleh sebab itu, maskapai pelat merah tersebut memberikan kompensasi kepada calon penumpang yakni bebas biaya penyesuaian jadwal penerbangan atau refund tiket bagi yang terdampak kondisi kemacetan. 

"Kami sepenuhnya mengerti kekhawatiran yang dialami oleh penumpang. Untuk itu, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju ke bandara," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra melalui keterangan tertulis hari ini. 

Sementara, bagi para penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya, Garuda Indonesia juga menyiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Massa Simpatisan Rizieq Akhirnya Bisa Masuk Soetta

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya