[BREAKING] Try Sutrisno: Kemerdekaan RI Direbut dengan Keringat, Harta, dan Jiwa

Try Sutrisno yakin generasi muda akan terus muncul

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno kembali mengenang sulit dan kerasnya perjuangan agar Indonesia bisa merdeka dari cengkeraman penjajah Belanda. Selain direstui Tuhan Yang Maha Kuasa, kemerdekaan tersebut juga dipelopori  generasi muda. 

"Kerja keras (untuk merebut kemerdekaan) disertai dengan pengorbanan keringat, harta benda, maupun jiwa dari rakyat pejuang Indonesia," ujar pria yang menjabat wapres periode 1993 hingga 1998 ketika memberikan pesan kemerdekaan yang tayang di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (17/8/2021). 

Ia mengatakan, generasi muda Indonesia akan terus muncul dan mereka memiliki tugas berat yakni membangun bangsa dan negara. Sama seperti pejabat tinggi lainnya, ia berharap semua masyarakat dari berbagai lapisan untuk menanggulangi pandemik COVID-19. "Karena mengatasi pandemik COVID-19 adalah tanggung jawab kebangsaan," tutur dia lagi. 

Di dalam video tersebut juga terdapat pesan kemerdekaan dari pejabat tinggi lainnya seperti Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Hamzah Haz, hingga Boediono. Mereka sama-sama mengingatkan agar Indonesia bersatu untuk bisa keluar dari pandemik COVID-19. 

Gara-gara pandemik, puncak peringatan HUT ke-76 RI di Istana Negara digelar secara terbatas. Mayoritas tamu mengikuti upacara detik-detik kemerdekaan secara virtual. Pihak Istana memastikan ada 24 ribu tamu dari seluruh dunia yang mengikuti upacara tersebut secara virtual. 

Baca Juga: [BREAKING] Pesan Kemerdekaan Hamzah Haz: Indonesia Jangan Takabur

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya