Comscore Tracker

[BREAKING] WNI yang Tertular Virus Corona di Singapura Bertambah 1 

Total, ada 2 WNI yang kini masih dirawat di Singapura

Jakarta, IDN Times - WNI yang tertular virus corona dan tengah dirawat di Singapura bertambah satu orang lagi. Kali ini pasien dengan kasus nomor 147 merupakan laki-laki dan berusia 64 tahun. 

Menurut keterangan resmi dari KBRI yang dimuat di situs resmi Kementerian Luar Negeri, pria itu tiba di Negeri Singa pada (7/3) lalu. Ia dinyatakan resmi tertular virus yang diberi nama Sars CoV-2 itu pada (8/3). 

"Saat ini WNI sudah dirawat di National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura," demikian isi keterangan tertulis dari KBRI Singapura pada Senin (9/3). 

Hingga saat ini Kementerian Kesehatan masih belum mengetahui penyebab WNI itu bisa terjangkit virus mematikan tersebut. Namun, otoritas setempat menyebut kasus itu sebagai imported case

"Artinya, WNI diduga kuat sudah terjangkit COVID-19 sebelum melakukan kunjungan ke Singapura," kata KBRI lagi. 

Pemerintah melalui KBRI akan melakukan pemantauan secara dekat dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait dengan penanganan WNI tersebut. Dengan begitu, maka total WNI yang sudah terjangkit virus corona di Negeri Singa mencapai 3 orang. 

"Kasus ke-21 sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit pada 18 Februari 2020. Lalu, kasus ke-133 yang diumumkan pada (7/3)," tutur pihak KBRI. 

Bagi WNI yang hendak berkunjung atau bermukim di Singapura, KBRI kembali mengingatkan bahwa status Dorscon (Disease Outbreak Response System) oranye masih berlaku di Singapura. Sehingga, WNI masih harus tetap waspada, khususnya bila menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan acara tersebut dilakukan di tempat umum. 

"Diharapkan WNI mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah Singapura dalam penanganan COVID-19 seperti menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi, seperti secara periodik mencuci tangan setelah beraktivitas, menghindari tempat-tempat yang melibatkan keramaian publik dan segera ke dokter bila mengalami gejala (virus corona)," tutur KBRI. 

KBRI juga mendorong agar WNI bersikap pro aktif untuk memeriksakan diri bila berada dalam klaster tempat penyebaran COVID-19 atau berinteraksi dengan teman atau sahabat yang menghadiri klaster tersebut. 

"Bila membutuhkan bantuan KBRI bisa menghubungi di nomor +65 92953964," kata mereka lagi. 

Maka, total keseluruhan WNI yang terjangkit virus corona di luar Indonesia menjadi 6 orang, dengan rincian 2 warga berada di Singapura, 3 tengah dirawat di Jepang, dan satu pasien berada di Taiwan. Ikuti terus perkembangan mengenai kondisi WNI yang kena virus corona di Singapura hanya di IDN Times ya. 

https://www.youtube.com/embed/QiULU9wfizo

Baca Juga: Kemlu Keluarkan Travel Advisory Bagi WNI yang ke Singapura 

Topic:

  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya