[CEK FAKTA] Jokowi Pernah Lihat Langsung Kondisi Pengungsi Rohingya?

Presiden Bangladesh juga pernah ke sana tahun 2017

Jakarta, IDN Times - Capres petahana Joko "Jokowi" Widodo mengaku tahu betul bagaimana kondisi pengungsi etnis Rohingya yang terpaksa harus melarikan diri dan berdiam di tenda-tenda di perbatasan Myanmar dan Bangladesh. Kok Jokowi bisa mengetahui hal itu? Sebab, ia dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah pernah berkunjung dan meninjau kamp pengungsi yang berada di Cox Bazaar, Bangladesh yang kini dihuni sekitar 1,3 juta orang. 

Fakta itu terungkap ketika Jokowi mengajukan pertanyaan terbuka dalam sesi debat capres pada Sabtu malam (30/3) di Hotel Shangri-La. Debat semalam menjadi ajang adu gagasan ke-4 dengan tema ideologi, pemerintahan, keamanan dan pertahanan serta hubungan internasional. 

"Ini bidang politik luar negeri. Pertanyaan saya apa pandangan Bapak mengenai konflik di Rakhine State," tanya Jokowi semalam ke Prabowo. 

Sebelum menjawab, Prabowo memastikan lebih dulu, apakah Rakhine State yang dimaksud terkait etnis pengungsi Rohingya. Usai mendapat kepastian, Prabowo kemudian menjelaskan seharusnya pemerintah menggunakan pengaruhnya untuk mendorong Pemerintah Myanmar agar menghentikan perlakuan tidak adil kepada warga etnis Rohingya. 

"PBB saja sudah menilai bahwa di situ ada kemungkinan genosida, genocide atau ethnic cleansing. Saya kira ini menjadi masalah yang sangat-sangat mengusik kita. Kita bersahabat dengan Myanmar, tapi kita juga perlu yakinkan mereka untuk segera menghentikan perlakuan tidak adil terhadap etnis Rohingya. Apalagi ini menjadi pelanggaran hak asasi manusia yang luar biasa," tutur Prabowo. 

Jokowi kemudian menanggapi Indonesia sudah berupaya menggunakan pengaruhnya untuk mencari solusi bagi pengungsi etnis Rohingya. Bahkan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memberi Indonesia kepercayaan agar menjadi 'jembatan' dan memberi akses untuk bisa masuk ke Rakhine State. 

"Menlu sudah ke sana dan saya sendiri sudah ke perbatasan Bangladesh untuk melihat saudara kita yang Muslim di sana," kata Jokowi. 

Benarkah Jokowi sudah pernah menjejakan kaki di kamp pengungsi di Cox Bazaar? Dari penelusuran IDN Times Jokowi diketahui berkunjung ke kamp pengungsi di Cox Bazaar pada Januari 2018 lalu. Ketika itu, Jokowi sedang melakukan kunjungan kenegaraan di Bangladesh. 

Dari data yang ada, tercatat 1,3 juta pengungsi Muslim termasuk etnis Rohingya mencari perlindungan di sana. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut menyaksikan betapa memprihatinkannya kondisi pengungsi di sana. Jokowi turut menyerahkan bantuan kemanusiaan tambahan kepada para pengungsi.

Gara-gara kunjungan ke sana, Jokowi mengklaim menjadi presiden negara asing pertama yang berkunjung ke kamp tersebut. Pemimpin negara lain yang pernah berkunjung ke sana adalah Presiden Bangladesh, Abdul Hamid.

[CEK FAKTA] Jokowi Pernah Lihat Langsung Kondisi Pengungsi Rohingya?(Cek Fakta Jokowi pernah berkunjung ke kamp pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh) IDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Pengungsi Rohingya

Topik:

Berita Terkini Lainnya