Cerita Lucu Kang Emil, Terima Ucapan Hari Idul Fitri Saat Takziah Eril

Kang Emil bakal kembali berdinas pada Kamis esok

Jakarta, IDN Times - Meski masih dirundung duka akibat kehilangan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak kehilangan rasa humornya.

Baru-baru ini ia mengunggah kisah jenaka ketika menggelar takziah bagi Emmeril yang telah meninggal. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku menerima ucapan selamat Idul Fitri dari seorang ibu yang ikut mampir ke Gedung Pakuan. 

"Saat di Pakuan (kediaman dinas), kami menerima ucapan duka. Warga terlihat antre cukup panjang dan rata-rata menangis. Sampai lah giliran seorang ibu bergamis hitam, yang matanya sembab dan penuh tangis. Dengan terbata-bata ia berucap se se selamat Idul Fitri ya, Pak. Mohon maaf lahir dan batin," demikian tulis Kang Emil di akun media sosialnya pada Selasa, 14 Juni 2022 lalu. 

Menerima ucapan itu, Kang Emil ikut merespons minal aidin walfaidzin. "Saya kira mau takziah. Mungkin ia mengira kami sedang (menggelar) halal bihalal," tutur dia lagi. 

Sontak cerita jenaka itu membuat warganet tertawa. Mereka tak menyangka di tengah suasana yang masih berduka, Kang Emil masih mampu menghibur 17,7 juta pengikutnya di Instagram. 

"Hebat Kang Emil di saat dalam keadaan berduka masih bisa heureuy (humor). Pemimpin yang humble dan gak kaku. Luar biasa Kang Emil. Semangat terus, Kang!" demikian salah satu komentar warganet. 

Lalu, kapan Kang Emil kembali berdinas sebagai Gubernur Jabar?

1. Kang Emil dijadwalkan mulai bertugas Kamis esok, lebih cepat dari izin cuti yang diajukan

Cerita Lucu Kang Emil, Terima Ucapan Hari Idul Fitri Saat Takziah ErilKisah lucu yang dialami Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ketika menceritakan kembali pengalaman takziah. (www.instagram.com/@ridwankamil)

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Jabar, Wahyu Mijaya, mengatakan Kang Emil akan kembali bertugas penuh sebagai gubernur mulai Kamis, 16 Juni 2022. Padahal, mantan Wali Kota Bandung itu mengajukan izin cuti ke Kementerian Dalam Negeri hingga 19 Juni. Kang Emil memilih masuk bekerja lebih cepat. 

"Pak gubernur akan berkegiatan secara penuh mulai hari Kamis. Agenda beliau kembali seperti semula," ungkap Wahyu pada Kamis kemarin di Gedung Pakuan, Bandung. 

Ia mengatakan meski dalam keadaan cuti, tetapi Kang Emil tetap menerima sejumlah tamu yang bertakziah. Mulai dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. 

Wahyu menambahkan meski Kang Emil sudah kembali berdinas pada Kamis, tetapi pengajian bagi Eril akan tetap berlanjut hingga Minggu, 19 Juni 2022. "Pengajian dan takziah masih berlanjut hingga Minggu," tutur dia. 

Baca Juga: Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke Pemakaman

2. Kang Emil telah minta izin ke Eril untuk melanjutkan hidup

Cerita Lucu Kang Emil, Terima Ucapan Hari Idul Fitri Saat Takziah ErilAnggota keluarga Gubernur Ridwan Kamil mencium peti mati Emmeril Kahn Mumtadz sebagai tanda perpisahan sebelum dimakamkan pada Senin siang, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ataliapr)

Sebelumnya, Kang Emil telah memakamkan Eril di area pemakaman milik keluarga sang istri, Atalia Praratya di Kabupaten Cimaung, Bandung. Sesuai janjinya, Kang Emil mendesain sendiri lokasi pemakaman Eril yang sangat indah. Area pemakaman diapit sungai kecil, gunung dan sawah. 

Selain itu, Kang Emil juga akan mendesain sebuah masjid yang berada di samping makam Eril. "Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Yang terpenting masjid ini dinamai seperti namamu 'Masjid Al Mumtadz', yang artinya terbaik," tulis Kang Emil di akun media sosialnya. 

Nama masjid itu sesuai dengan nama belakang Eril yang bermakna 'yang terbaik'. "Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini," katanya. 

Usai melakukan prosesi pemakaman, Kang Emil meminta izin kepada putra sulungnya itu dalam doa untuk kembali menjalani hidup. "Izinkan papap, mamah, Zara, dan Arka melanjutkan kehidupan fana ini dengan semangatmu di setiap langkah kami. Hatur nuhun atas segala memori dan pelajaran itu," tutur dia. 

3. Kang Emil izinkan warga untuk ziarah ke makam Eril pukul 08:00 - 17:00

Cerita Lucu Kang Emil, Terima Ucapan Hari Idul Fitri Saat Takziah ErilNisan di pemakaman putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang dipasang pada Senin, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ataliapr)

Sementara, Kang Emil dan keluarga mengizinkan warga untuk berziarah ke makam Eril yang ada di Kabupaten Cimaung. Di dalam akun media sosialnya, Kang Emil masih sempat melempar humor bahwa Cimaung dalam Bahasa Inggris diartikan 'Tigerwater'. 

"Dear warga tercinta, bila ingin mendoakan sambill berziarah, waktunya adalah jam 08:00 - 17:00 WIB," kata Kang Emil. 

Di sisi lain, istri Kang Emil, Atalia memohon kepada warga agar menghormati makam Eril dengan tidak mendokumentasikan area pemakaman. 

Baca Juga: 5 Potret Kang Emil Genggam Erat Tangan Atalia, Tegar Kehilangan Eril

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya