Comscore Tracker

Dapat 4 Bintang Kehormatan, Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi

Prabowo bersyukur dianugerahi 4 bintang kehormatan sekaligus

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Senin (15/8/2022) dianugerahi empat bintang kehormatan sekaligus dari TNI. Keempat bintang kehormatan itu yakni Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama. 

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pertahanan, keempat bintang tersebut disematkan secara langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan tiga kepala staf TNI.

"Penganugerahan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Prabowo didasari oleh keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 13/Tk/tahun 2022. Bintang Yudha Dharma adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa dharmabakti seseorang yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan negara," demikian isi keterangan tertulis dari Kemhan RI yang dikutip pada Selasa, (16/8/2022). 

Penghargaan serupa disematkan oleh Prabowo kepada Panglima TNI Jenderal Andika. Pemerintah menilai Andika memiliki jasa besar dan dirasakan manfaatnya oleh bangsa serta negara. 

Lalu, apa komentar Prabowo usai dianugerahi empat bintang kehormatan sekaligus di kantor Kemhan?

1. Empat makna bintang kehormatan yang diterima oleh Prabowo

Dapat 4 Bintang Kehormatan, Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke JokowiMedali kehormatan yang diterima oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Senin, 15 Agustus 2022. (Dokumentasi Kemhan)

Lebih lanjut, Kemhan menjelaskan empat makna tanda bintang yang diterima oleh Prabowo. Bintang Yudha Dharma Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa dharmabakti seseorang yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan negara. 

Bintang Kartika Eka Paksi Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa seorang prajurit yang luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI AD.

Bintang Jalasena Utama adalah bintang kehormatan yang diberikan untuk menghargai kesetiaan, kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa yang melebihi kewajiban di bidang tugas kemiliteran Angkatan Laut. 

Sedangkan, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan oleh pemerintah untuk menghormati seorang prajurit atas jasanya yang luar biasa terhadap kemajuan dan pembangunan TNI AU. 

Bintang Kartika Eka Paksi diberikan oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Bintang Jalasena Utama diberikan oleh KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama diberikan oleh KSAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Baca Juga: Jubir Menhan: Prabowo Punya Chemistry Baik dengan Andika Perkasa

2. Prabowo ucapkan terima kasih kepada Jokowi hingga Panglima TNI atas 4 bintang kehormatan

Dapat 4 Bintang Kehormatan, Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke JokowiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan penghormatan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Merauke, Papua (www.instagram.com/@prabowo)

Sementara, di akun media sosialnya, Menhan Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Jokowi karena telah memberikan empat bintang kehormatan sekaligus. Ucapan serupa juga disampaikan oleh Prabowo kepada Jenderal Andika, Laksamana Yudo, Jenderal Dudung, dan Marsekal Fadjar. 

"Terima kasih kepada Presiden RI, Panglima TNI, dan Kepala Staf Angkatan Darat, Udara dan Laut atas empat tanda kehormatan yang diberikan kepada saya," ungkap Prabowo seperti dikutip dari akun media sosialnya pada hari ini. 

Pemberian penghargaan itu dilakukan dua hari sebelum memperingati HUT ke-77 RI. 

3. Warganet nilai Prabowo layak diberi 4 bintang kehormatan

Dapat 4 Bintang Kehormatan, Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke JokowiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (ketiga dari kiri) ketika menerima medali kehormatan dari tiga matra TNI pada Senin, 15 Agustus 2022. (Dokumentasi Kemhan)

Momen berharga mendapat empat bintang kehormatan sekaligus itu diunggah Prabowo ke akun media sosialnya. Hasilnya, sebagian besar warganet mengapresiasi dan menilai Prabowo layak mendapatkannya.

Bahkan, sebagian dari mereka mendoakan agar Prabowo akhirnya dapat terpilih menjadi Presiden ke-8 RI. 

"Selamat, atas penghargaan yang diberikan kepada bapak. Namnya berjuang tidak akan ada akhirnya. Apalagi berjuang demi bangsa dan negara. Pak Prabowo, kami akan mendukung bapak, insya Allah 2024 menjadi Presiden ke-8 RI," ungkap warganet yang merupakan kader Partai Gerindra. 

"Prabowo - Perkasa Presiden 2024," tulis warganet lainnya. 

"Presiden 2024," kata warganet lainnya. 

"Luar biasa, selamat, Pak. Satu lagi tambah bintang presiden," tutur warganet lainnya.

Meski demikian, ada pula warganet yang berkomentar usai meraih empat bintang kehormatan, sebaiknya Prabowo memutuskan pensiun. "Habis itu pensiun aja deh, Pak. Menikmati masa tua. Dengan kuda bapak dan suasana yang sejuk di lingkungan rumah bapak," kata warganet tersebut.

Baca Juga: Sejarah Pembentukan TNI dan Ini Panglima Pertamanya 

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya