Di HUT ke-58, Airlangga Sebut Surya Paloh Ketum NasDem bin Golkar

Airlangga sebut KIB sudah punya tiket premium di Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Ada pemandangan menarik di puncak HUT ke-58 Golkar yang digelar di JI Expo, Kemayoran, pada Jumat, (21/10/2022). Saat menyapa sejumlah ketum parpol, Airlangga Hartarto memberikan sapaan khusus bagi Ketum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh. 

"Lalu, ini senior Partai Golkar yang sudah menjadi bin Golkar, Pak Presiden, lebih tepatnya NasDem bin Golkar, Pak Surya Paloh," ungkap Airlangga di hall C JI Expo, Jakarta Pusat ketika menyapa sejumlah ketum parpol. 

Mendengar candaan itu, Paloh dan ketum parpol lainnya terlihat tertawa. Tak heran Airlangga memanggil Paloh bin Golkar. Sebab, ia pernah menjadi kader Golkar dan memutuskan hengkang dari partai berlambang pohon beringin itu pada 2011 lalu. 

Selain itu, ada pula ketum dari parpol oposisi dan semua ketum yang tergabung di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Tetapi, di dalam puncak HUT ke-58 Golkar, mereka turut mengundang Ketua Umum Relawan Jokowi, ProJo yakni Budi Arie Setiadi. ProJo menjadi satu-satunya relawan Jokowi yang diundang dalam acara akbar tersebut.

Budi turut hadir ketika Golkar mendeklarasikan koalisi yang diberi nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Acara itu turut dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat duduk di samping Jusuf "JK" Kalla yang notabene menjadi wapres di kepemimpinan pertama Jokowi. JK juga merupakan mantan Ketum Golkar. 

Di hadapan para ketum parpol dan kader Golkar seluruh Indonesia, Airlangga turut mengklaim bahwa KIB sudah memiliki tiket premium pada pemilu 2024. Apa maksud pernyataan Airlangga itu?

1. KIB sudah bisa mengajukan capres pada pemilu 2024

Di HUT ke-58, Airlangga Sebut Surya Paloh Ketum NasDem bin GolkarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terlihat hadir di HUT ke-58 Partai Golkar. (IDN Times/Santi Dewi)

Airlangga mengatakan Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan PPP sudah memiliki tiket untuk mencalonkan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024. Sebab, mereka sudah melampaui syarat presidentital treshold 20 persen suara.

Mengutip data dari pemilu 2019, Golkar telah meraih 12,31 persen suara, PAN meraih 6,84 persen suara dan PPP dengan raihan 4,52 persen suara. Bila ditotal, maka raihan suara dari ketiga parpol tersebut mencapai 23,67 persen. 

Meski begitu, Airlangga turut mengajak bila parpol lain ingin ikut bergabung ke KIB. "Kalau dibantu teman-teman ketum yang ada di depan, maka tiket premium ini berubah menjadi VIP, Pak Presiden," kata Airlangga yang kembali disambut tawa dari hadirin di hall C. 

Ia menambahkan, parpol itu semakin menarik bila memiliki visi yang sama dan transformasi. Selain itu, parpol tersebut juga memiliki visi melanjutkan perjuangan dan fokus terhadap kesejahteraan rakyat. Pernyataan ini bisa dimaknai Golkar tertarik terhadap parpol yang bakal terus melanjutkan program-program Jokowi. 

"KIB berterima kasih, karena ketumnya disuruh magang di kabinet bapak. Jadi, kalau di dunia pendidikan, ini namanya pendidikan vokasi, Pak," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Ketika Jokowi duduk di Samping JK pada HUT ke-58 Partai Golkar

2. Airlangga sebut Golkar siap raih kemenangan di pilpres dan pemilu legislatif

Di HUT ke-58, Airlangga Sebut Surya Paloh Ketum NasDem bin GolkarMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Lebih lanjut, di dalam pidatonya, Airlangga juga mengajak semua kader Golkar di seluruh Indonesia untuk mengukir sejarah dan meraih kemenangan pada pemilu 2024. "Siapkah saudara-saudara mengorbankan segalanya untuk kemenangan Golkar?" tanya Airlangga kepada seluruh kader di Hall C JI Expo. 

"Teman-teman yakin akan merebut kemenangan? Pemilihan presiden (siap menang)? Pemilihan legislatif (siap menang)? Pemilihan kepala daerah (siap menang)? Kemenangan ini nantinya bukan hanya untuk Partai Golkar, melainkan untuk Indonesia," tutur pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily pernah menyebut bahwa pihaknya siap memenangkan pileg dan pilpres. Golkar, kata Ace, siap meraih 115 kursi di DPR. 

"Kami siap menang pemilihan legislatif yaitu kami ingin menang 20 persen. Kami ingin sama (meraih) 115 kursi di DPR RI. Saat ini, kami baru mendapat 85 kursi dan tentu menang pilpres," ujar Ace di kantor DPP Partai Golkar pada 14 Oktober 2022 lalu. 

3. . Airlangga terima dengan tangan terbuka individu yang ingin gabung ke Partai Golkar

Di HUT ke-58, Airlangga Sebut Surya Paloh Ketum NasDem bin GolkarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di dalam pidatonya, Airlangga mengatakan bahwa Partai Golkar adalah partai yang inklusif dan sangat terbuka. Dengan demikian, siapapun yang berniat bergabung ke partai dengan lambang pohon beringin pada kesempatan tersebut, maka akan langsung diberikan restu. 

"Yang malam ini siap untuk bergabung, kami siap, kami teken!" ujar pria yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu. 

Salah satu individu yang diisukan bakal merapat ke Golkar adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sebab, pria yang akrab disapa Kang Emil itu ikut hadir di HUT ke-58 Partai Golkar.

Baca Juga: Hadiri HUT ke-58 Golkar, Jokowi: Jangan Sembrono Deklarasikan Capres!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya