Hadiri HUT ke-58 Golkar, Jokowi: Jangan Sembrono Deklarasikan Capres!

Jokowi juga analogikan capres dengan calon pilot

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-58 Partai Golkar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Dalam acara itu, Jokowi menyampaikan kepada Golkar untuk hati-hati dalam mendeklarasikan calon Presiden (capres) 2024.

Mulanya, Jokowi menyampaikan, Golkar pada usia yang ke-58 sudah matang dalam perpolitikan Indonesia.

"Oleh sebab itu, saya yakin Golkar akan dengan cermat, teliti, hati-hati, tidak semberono dalam mendeklarasikan calon Presiden dan calon Wakil Presiden 2024," ujar Jokowi.

"Meskipun tadi saya lihat, sudah teriak Pak Arilangga Hartarto (Presiden) dan saya juga meyakini bahwa yang akan dipilih oleh Partai Golkar capres mapun cawapres ini tokoh-tokoh yang benar. Silakan terjemahkan sendiri," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kemudian menganalogikan pemilihan capres yang sama dengan calon pilot. Dia menerangkan, ada perusahaan penerbangan sedang menyeleksi dua calon pilot.

"Pilot pertama ini ngomong, agar dia bisa terpilh, dia mengatakan, 'saya akan patuhi hukum penerbangan internasional dan saya akan terbang di ketinggian 30 ribu kaki'. Pilot kedua mengatakan, 'semua penumpang akan saya dudukkan di kelas bisnis dan seluruh penumpang akan saya berikan diskon tiketnya'. Bapak, Ibu akan tertarik yang mana?" kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, pasti akan banyak yang tertarik kepada calon pilot kedua. Sebab, para penumpangnua disediakan kelas bisnis dan mendapatkan tiket dengan harga diskon.

"Yang milih nomor 2 itu hati-hati, karena emosional dan kurang informasi. Sebetulnya tawarannya tidak masuk akal, sudah diberi kelas bisnis semuanya, kemudian tiketnya didiskon, menarik sekali, tapi tidak masuk akal. Apa yang ingin saya simpulkan dari pemilihan pilot ini? Jangan sembarangan menentukan calon pilot dan co pilot yang akan dipilih oleh rakyat, juga jangan sembarangan memilih calon Presiden dan calon Wakil Presiden, tapi juga saya titip pesan jangan terlalu lama-lama," ujar dia.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. Diketahui, NasDem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberi sinyal akan ada reshuffle di Kabinet Indonesia Maju. Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan jurnalis terkait apakah ada rencana reshuffle usai NasDem umumkan capres 2024.

Meski demikian, Jokowi tak menjelaskan kapan reshuffle itu akan dilakukan.

"Rencana selalu ada pelaksanaan nanti diputuskan," ujar Jokowi usai meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Airlangga: Anies Tak Diundang di HUT ke-58 Golkar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya