'Dijodohkan' dengan Airin untuk Pilgub Jakarta, Sahroni: Baru Kenalan

"Ini masih perkenalan dan perlu pendekatan"

Jakarta, IDN Times - Bendahara DPP Partai Nasional Demokrat, Ahmad Sahroni, akhirnya buka suara soal wacana duetnya dengan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diani, untuk Pilgub Jakarta pada 2024.

Menurut Sahroni, pertemuannya di NasDem Tower baru sebatas perkenalan. Ia mengaku masih butuh pendekatan lebih intens. 

"Ini masih perkenalan dan perlu pendekatan. Ibaratnya, kalau sudah kenal baru pacaran," ungkap Sahroni di Jakarta seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, Jumat, (11/3/2022). 

Ia menjelaskan, saat ini Partai NasDem diminta untuk fokus menjalin komunikasi dan perkenalan intens dengan Airin serta Partai Golkar. Dari sana, baru mereka bisa melangkah ke tahap selanjutnya. 

Hal itu lantaran, bila kursi milik NasDem dan Golkar digabung di DPRD DKI Jakarta hanya ada 13. Kedua parpol itu harus berkoalisi dengan partai lain untuk meraih 22 kursi lagi. 

"Sementara, kami 'pacaran' dulu untuk jenjang lebih dalam. Setelah itu baru berunding kepada saudara-saudara yang lain," kata pria yang juga duduk di DPR sebagai Wakil Ketua Komisi III. 

Apakah Sahroni sudah mengantongi restu dari Ketum Partai NasDem, Surya Paloh, untuk maju di Pilgub DKI Jakarta pada 2024?

1. Sinyal Airin-Sahroni bakal diduetkan telah disampaikan oleh Airlangga Hartarto

'Dijodohkan' dengan Airin untuk Pilgub Jakarta, Sahroni: Baru KenalanKetua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh (kanan dengan jas biru) bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kemeja batik kuning) di Menara NasDem pada Kamis, 10 Maret 2022 (www.instagram.com/@airlanggahartarto.official)

Sementara, wacana bakal menduetkan Sahroni-Airin justru dilempar kali pertama oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, ketika ia berkunjung ke kantor DPP NasDem pada Kamis, 10 Maret 2022.

Di dalam pertemuan itu, Airlangga seolah melempar sinyal bahwa pada Pilgub DKI Jakarta 2024, kedua ketum sepakat bakal mengusung Ahmad Sahroni dan Airin Rachmy Diani. 

Ahmad Sahroni adalah Bendahara Umum Partai NasDem dan Wakil Ketua Komisi III DPR. Sedangkan Airin merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan. Dalam pertemuan kemarin, baik Sahroni maupun Airin terlihat ikut hadir. 

"Kami tadi melihat hadir juga di sini Ibu Airin dan Pak Sahroni. Mana itu pembahasannya tidak hanya berbicara makro tetapi juga bicara mikro yang detail," ungkap Airlangga dalam pertemuan pada Kamis kemarin. 

Sebelumnya, Airin dan Sahroni sudah lama terdengar diisukan bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua Dewan Pembina DPD Partai Gerindra, Muhammad Taufik, pernah menyebut, ada sejumlah nama yang berpotensi menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

Ia menyebut empat nama yakni Anies, Ahmad Riza Patria, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Airin Rachmy Diani. Lebih lanjut, Taufik pada awal Januari 2022 menyebut, untuk mengurus Jakarta dibutuhkan keterlibatan anak muda. 

"Jakarta perlu tokoh yang visioner berkaitan dengan perubahan status Jakarta sebagai ibu kota, apa yang akan dilakukannya," kata Taufik kepada media 4 Januari lalu. 

Baca Juga: Airlangga Beri Sinyal Bakal Duetkan Sahroni-Airin di Pilgub Jakarta

2. Airlangga mempersilakan Sahroni-Airin untuk umumkan pencalonan mereka nanti

'Dijodohkan' dengan Airin untuk Pilgub Jakarta, Sahroni: Baru KenalanKetua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrianto dan Wakil Ketua Komisi III DPR RI/Bendahara Umum NasDem, Sahroni (dok. IDN Times/Istimewa)

Ketika dikonfirmasi oleh media, Airlangga tidak secara gamblang menyebut Sahroni dan Airin bakal maju menjadi cagub dan cawagub Jakarta. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian itu menyerahkan sepenuhnya terkait pengumuman itu kepada Sahroni dan Airin. 

"Jadi, kalau Pak Sahroni dan Bu Airin, kami persilakan Pak Sahroni dan Bu Airin yang berbicara dulu pada waktunya nanti. Bukan pada Kamis siang ini," ungkap Airlangga. 

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai NasDem di DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, mengatakan partai tempatnya bernaung kemungkinan bakal mendorong Ahmad Sahroni untuk maju dalam Pilkada 2024. Menurut Wibi, Sahroni memiliki kapabilitas dan elektabilitas yang tinggi di Jakarta. 

"Kami dari DKI Jakarta menganggap figur Ahmad Sahroni salah satu kader yang memiliki kapabilitas dan elektoral yang tinggi di Jakarta," kata Wibi pada 4 Januari 2022 kepada media. 

Namun, ia belum bisa memastikan apakah Sahroni bakal diajukan secara aklamasi oleh Partai NasDem sebagai calon gubernur Jakarta. Wibi menambahkan, NasDem hingga kini masih membuka kesempatan bagi kader lainnya yang juga ingin maju dalam Pilkada DKI Jakarta. 

3. Nama putera Jokowi disebut-sebut juga dilirik PDIP untuk diusung sebagai cagub Jakarta

'Dijodohkan' dengan Airin untuk Pilgub Jakarta, Sahroni: Baru KenalanGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sementara, tak kalah hebohnya dengan capres, posisi calon gubernur Jakarta juga mulai dilirik oleh sejumlah partai. Meski mulai 2024 mendatang, Jakarta tak lagi menyandang status ibu kota negara. 

Salah satu nama yang kerap disebut berpeluang jadi cagub Jakarta adalah putera sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Ia disebut-sebut dilirik PDI Perjuangan untuk diusung sebagai cagub Jakarta pada pilkada 2024. 

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan Gibran yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo berpeluang untuk menyusul jejak ayahnya pindah memimpin ibu kota. 

"Mas Gibran, beliau sudah terpilih sebagai Walikota Solo, tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran agar kepemimpinan yang ideologis yang mengedepankan juga kultur nusantara, serta mampu membawa perubahan secara sistemik," kata Hasto pada awal Januari 2022. 

Baca Juga: Gokil! Ahmad Sahroni Bongkar Isi Rekening Doni Salmanan Rp532 Miliar

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya