Dipimpin Panglima TNI, Marsma Wahyu Hidayat Resmi Jadi Danpaspampres 

Mayjen Tri Budi bakal lanjutkan tugas Pangdam VI Mulawarman

Jakarta, IDN Times - Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko akhirnya resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada Senin, 18 Juli 2022. Ia menggantikan Mayjen Tri Budi Utomo yang diberi tugas baru sebagai Pangdam VI Mulawarman. Upacara serah terima jabatan dilakukan di Mako Paspampres, Jakarta Pusat. 

Wahyu menoreh sejarah lantaran menjadi prajurit TNI Angkatan Udara (AU) pertama yang ditunjuk menjadi Danpaspampres. Kepada media, Wahyu mengatakan bakal melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Tri Budi dengan melanjutkan program-programnya. Bagi Wahyu, penjagaan ring 1 presiden bukan hal yang asing karena sebelumnya ia menjabat sebagai Wadanpaspampres. 

"Yang jelas, ke depan kita akan melanjutkan program-program yang sudah dijalankan oleh komandan sebelumnya, karena kami sudah merencanakan dari awal dalam rangka menyongsong kegiatan," ungkap Wahyu pada Senin kemarin. 

Ia menambahkan saat ini kegiatan sudah masuk secara bertahap, terutama bagaimana mengelola pasukan sehingga nanti saat persiapan mereka sudah siap. Wahyu menyebut salah satu program yang bakal diteruskan yakni menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 di Bali. 

"Jadi, saya akan melanjutkan program yang sudah direncanakan termasuk dalam menghadapi KTT G20," kata dia. 

Lalu, apa pesan dari Mayjen Budi kepada penerusnya itu? Apa pula tugas baru yang bakal diemban oleh Mayjen Budi ketika bertugas di Kalimantan?

Baca Juga: Panglima TNI Tunjuk Brigjen TNI Iwan Setiawan Jadi Danjen Kopassus 

1. Mayjen Budi yakin di bawah Marsma Wahyu paspampres bakal lebih baik

Dipimpin Panglima TNI, Marsma Wahyu Hidayat Resmi Jadi Danpaspampres Serah terima jabatan Komandan Paspampres dari Mayjen Tri Budi Utomo ke Marsekal Pertama TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko pada Senin, 18 Juli 2022. (www.instagram.com/@ppid.paspampres)

Sementara, Mayjen Budi mengaku percaya dengan kemampuan Marsma Wahyu. Sehingga, kemampuan Paspampres bakal lebih baik ketika dipimpin prajurit TNI AU itu. Marsma Wahyu pun bukan orang baru lantaran dulu Budi menjabat Wadanpaspampres.

"Bersama dengan Marsma Wahyu ini, Beliau dulu sama-sama Wadan itu berjalan dengan baik semuanya. Dan, alhamdulillah sebagai penerus saya juga sudah mengerti apa yang sudah diprogramkan oleh Paspampres itu sendiri," kata Mayjen Budi.

Ia mengaku Paspampres bakal lebih baik karena sudah mengetahui kualitas kepemimpinan Wahyu. "Sehingga, saya tidak terlalu sulit dalam melaksanakan sertijab ini dan saya yakin apa yang akan dilakukan oleh Marsma Wahyu juga akan sangat baik juga untuk Paspampres. Karena kita sangat sering berkomunikasi dan kita satu hati," tutur dia.

Baca Juga: Jenderal Andika Tunjuk Marsma Wahyu Hidayat Jadi Danpaspampres Baru

2. Mayjen Budi sebut paspampres adalah perisai hidup sehingga tak boleh ada kesalahan

Dipimpin Panglima TNI, Marsma Wahyu Hidayat Resmi Jadi Danpaspampres Brigjen TNI Tri Budi Utomo (kanan) saat masih berpangkat kolonel dan ditunjuk sebagai Dangrup A Paspampres pada 2019. (Dokumentasi Puspen TNI)

Sementara, Mayjen Budi mengatakan bahwa sesungguhnya Marsma Wahyu merupakan seniornya. Ia menitipkan pesan kepada seluruh paspampres agar selalu bertugas dengan maksimal. Sebab, paspampres merupakan perisai hidup presiden. 

"Saya hanya berpesan kepada prajurit Paspampres seluruhnya bahwa Paspampres ini adalah perisai hidup para VVIP dalam hal ini presiden dan wapres, serta keluarganya. Begitu pula pengamanan bagi mantan Presiden, mantan Wapres, keluarganya dan tamu negara setingkat presiden," ungkap Mayjen Budi.

"Otomatis setiap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan Paspampres tidak boleh ada kesalahan sekecil apa pun. Semoga Paspampres bisa melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya," katanya lagi.

3. Mayjen TNI Tri Budi Utomo bakal menempati posisi baru sebagai Panglima Kodam VI/Mulawarman, mengamankan IKN

Dipimpin Panglima TNI, Marsma Wahyu Hidayat Resmi Jadi Danpaspampres Desain Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Upacara sertijab danpaspampres itu dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Andika dulu juga merupakan Danpaspampres. Ia meneken keputusan mutasi yakni Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 6 Kep/558/VI/2022. 

Dalam surat keputusan itu, turut diketahui mantan Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mendapat tugas baru sebagai Panglima Kodam VI/Mulawarman.

Di posisinya yang baru nanti, Mayjen Tri bakal bertugas menjaga keamanan di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Artinya, Mayjen Tri juga bertanggung jawab terhadap keamanan di lokasi IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Sedangkan, mantan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso akan menjabat sebagai Sekretaris Menko Polhukam. 

Baca Juga: Jokowi Pakai Rompi Antipeluru ke Ukraina, 39 Pasukan akan Menempel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya