Dua Penerbang Pesawat Bonanza Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa 

Dua jenazah akan dimakamkan pada Jumat

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, mengatakan dua penerbang pesawat latih jenis G-36 Bonanza T-2503, yakni Lettu Yudhistira Eka Permadi dan Denda Krisna Bakti, mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat.

Kenaikan pangkat sebagai bentuk penghargaan dari TNI AL karena mereka gugur saat sedang bertugas pada Rabu, 7 September 2022, di perairan Selat Madura. Pesawat latih itu jatuh ketika sedang dilakukan latihan anti serangan udara atau Air Defence Exercise (ADEX) bersama Koarmada II

"Tadi sore surat keputusannya sudah turun dan sudah ditandatangani," ujar Yudo ketika memberikan keterangan pers di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur pada Kamis, (8/9/2022).

Selain itu, keluarga kedua penerbang juga bakal mendapatkan dana santunan dari TNI AL dan Asabri. Dalam kesempatan itu, Yudo turut mengonfirmasi istri Lettu Yudhistira tengah hamil tua dan bakal melahirkan anak pertama. Ia pun memastikan TNI AL akan membantu untuk memberikan pendampingan agar proses persalinan dapat berjalan lancar.

Yudo juga menyebut di TNI AL meski prajuritnya menjalani latihan, namun hal tersebut dianggap juga operasi. Oleh sebab itu, risiko gugur atau mengalami luka sangat besar.

"Jadi, ketika kami berlatih, di dalamnya sudah include operasi. Makanya kalau TNI AL mau berangkat berlayar selalu didahului dan diumumkan bahwa kapal akan berlayar serta bertempur. Sebab, sewaktu-waktu di daerah operasi terjadi eskalasi, maka mereka bisa langsung melaksanakan operasi tempur," tutur dia.

Oleh sebab itu, semua prajurit TNI AL harus sudah siap dengan kondisi itu. Ia juga menyebut jenazah kedua penerbang sudah berhasil dievakuasi dari kerangkat pesawat. Rencananya pemakaman akan dilakukan di Taman Makam Bahagia, Surabaya, pada Jumat esok. Upacara pemakaman bakal dipimpin oleh Komandan Puspenerbal, Laksda Dwika Tjahja Setiawan.

"Saya akan hadir di sana," ujarnya.

Baca Juga: 2 Jasad Penerbang TNI AL Ditemukan Masih Pakai Seat Belt di Bawah Laut

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya