Comscore Tracker

Formula E Sukses Digelar, PSI Tetap Sorot Anies soal Anggaran Janggal

JakPro sudah bayar Rp560 miliar untuk 3 musim balap

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bersyukur perhelatan balap mobil listrik Formula E atau Jakarta E-prix bisa digelar dengan lancar di Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu, 4 Juni 2022 lalu. Cuaca yang sempat diprediksi bakal hujan, pada kenyataannya justru bersahabat.

Meski demikian, bukan berarti PSI berhenti menagih transparansi soal penggunaan anggaran untuk menghelat balap mobil Formula E.

"PSI akan tetap mengawal uang rakyat yang digunakan untuk penyelenggaraan Formula E, terutama nilai dana Rp560 miliar yang menggunakan APBD DKI Jakarta. Formula E yang berjalan dengan lancar pada hari H kemarin tetap tak menghapus fakta, masih banyak hal yang janggal dan tak transparan sejak awal penyelenggaraan," ungkap juru bicara PSI, Sigit Widodo melalui pesan pendek kepada IDN Times, Minggu, (5/6/2022). 

Menurutnya, PSI hingga kini tetap konsisten mengkritisi transparansi sumber dan penggunaan anggaran untuk menggelar Formula E. Apalagi sejak awal penyelenggaraannya banyak masalah yang mengintai. 

"DPP PSI tetap mendukung teman-teman di DPRD DKI untuk melakukan interpelasi agar warga Jakarta bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas," tutur dia. 

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh JakPro, biaya komitmen yang dibayarkan senilai Rp560 miliar merupakan jaminan Formula E bakal digelar di Jakarta selama 3 musim balap. Artinya, Formula E tetap digelar pada 2023 meski masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta sudah berakhir. 

"Itu juga yang harus diperjelas. Gubernur tak punya wewenang membuat anggaran yang melewati masa jabatannya," katanya. 

Selain itu, yang jadi sorotan ketika Formula E digelar yakni keberadaan Ketua Umum PSI, Giring Ganesha. Bahkan, nama Giring trending di Twitter sejak Sabtu kemarin. Apakah Giring ikut hadir dalam balapan Formula E Sabtu kemarin? 

1. Giring tak hadiri balap mobil Formula E

Formula E Sukses Digelar, PSI Tetap Sorot Anies soal Anggaran JanggalGiring Ganesha dalam acara Indonesia Millenial Summit (Dok/IDN Times)

Warganet heboh mencari keberadaan Giring lantaran ingin menunjukkan bahwa Formula E tetap sukses digelar. Ketum PSI itu termasuk salah satu pihak yang getol mengkritik penyelenggaraan Formula E. Bahkan, fraksi PSI bersama PDI Perjuangan pada 2021 lalu mendorong agar pimpinan DPRD DKI menggelar sidang paripurna interpelasi terhadap Anies. 

Namun, menurut Sigit, Giring absen dalam penyelenggaraan Formula E. "Sejauh yang saya tahu (Giring) tidak (hadir di Formula E)," kata Sigit. 

Ketua fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo dan Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Michael Sianipar ikut hadir. Namun, Sigit menggaris bawahi, ia tak tahu apakah Anggara dan Michael ikut hadir di balap Formula E atas nama pribadi atau mewakili fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta.

Sementara, di media sosial, warganet kembali mengunggah video Giring ketika ia melakukan sidak ke lokasi pembangunan sirkuit Formula E. Video berdurasi sekitar 2 menit itu diunggah di akun Twitter Giring pada 5 Januari 2022 lalu. 

"Giring Ganesha deserves clown award," demikian ungkap salah satu warganet dengan keterangan video Giring. 

Baca Juga: Jokowi Bantah Pemerintah Pusat Sejak Awal Tak Dukung Balap Formula E

2. Gubernur Anies bangga perhelatan Formula E berjalan sukses meski dicemooh

Formula E Sukses Digelar, PSI Tetap Sorot Anies soal Anggaran JanggalGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ketika mengucapkan selamat kepada juara balap Formula E, Mitch Evans di Sirkuit Ancol pada 4 Juni 2022. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Sementara di unggahannya di media sosial, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan perhelatan balap mobil listrik Formula E ditujukan bagi Indonesia. Ia mengaku ingin menggunakan balap Formula E agar nama Indonesia semakin dikenal dunia. Apalagi balap mobil listrik itu ikut disaksikan di 150 negara. 

"Semoga hari ini menyalakan harap dan meneguhkan tekad bahwa kita mampu hadirkan pagelaran global dengan kerja cepat dan mutu tinggi. Bahwa kita peduli dengan masa depan bumi, lingkungan yang lestari dengan memanfaatkan teknologi," demikian yang ditulis Anies di akun media sosialnya, Sabtu, 4 Juni 2022.

Anies juga menyebut melalui acara internasional itu sekaligus dapat menjadi pembuktian bahwa Jakarta adalah kota global. Jakarta, kata dia, dapat disejajarkan dengan megapolitan dunia lainnya. 

"Anak-anak Bangsa Indonesia tak bisa diremehkan, tak mau hanya berdiri di pinggir lapangan dan tak segan untuk berada paling depan," kata pria yang pernah menjabat sebagai Mendikbud itu. 

Dalam unggahannya itu, Anies juga ingin menunjukkan kepada pihak di dalam negeri yang terus mencelanya bahwa acara Formula E tetap berhasil diadakan. "Ketika ragu dan cela terus disandangkan, kami katakan; 'biar waktu dan kerja kami semua yang akan membuktikannya," tutur dia.

3. Jokowi bantah pemerintah pusat tak dukung penyelenggaraan Formula E

Formula E Sukses Digelar, PSI Tetap Sorot Anies soal Anggaran JanggalPresiden Joko "Jokowi" Widodo berdiri diapit Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ahmad Sahroni menghadiri balap mobil Formula E pada 4 Juni 2022. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Sementara, Presiden Jokowi dalam kehadirannya di Formula E menepis persepsi bahwa ia tak merestui balap mobil listrik itu digelar. Kepada media, Jokowi menjanjikan bakal mendukung seandainya Formula E kembali digelar pada 2023. Apalagi, JakPro dan Formula E Operation (FEO) sudah membuat kesepakatan bahwa Formula E bakal digelar di DKI Jakarta selama tiga musim.

"Semua yang baik untuk negara ini, kami dukung," ujar Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu kemarin.

Bahkan, ia juga mendorong agar sirkuit di Ancol itu tetap rutin digunakan untuk acara selain Formula E. Kalau perlu, kata Jokowi, setiap minggu ada acara yang digelar di sirkuit Ancol. 

"Lebih baik kalau sebuah sirkuit banyak event. Kan akan semakin produktif dan baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus (acara). Setiap tahun 10 kali ada event, akan lebih baik," tutur dia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terdengar mengamini semua harapan Jokowi. Anies bahkan tak berhenti menyunggingkan senyum ketika mendampingi Jokowi di ajang balap mobil listrik tersebut.

Baca Juga: Nonton Formula E, Puan Duduk Diapit Jokowi dan Anies Baswedan

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya