Gaet Pemilih Muda, PAN Ajak Boyband Korea Astro Ramaikan Rakernas 2022

Rakernas PAN bakal digelar Sabtu 27 Agustus 2022

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) memulai rangkaian rapat kerja nasional pada Jumat (26/8/2022). Namun, mereka memilih cara yang berbeda untuk memulai rakernas.

Partai dengan logo matahari putih itu menggelar konser dengan menggaet musisi yang sedang digandrungi millennial dan gen Z saat ini. Bahkan, PAN juga mengundang bintang tamu boyband asal Korea Selatan, Astro. Berdasarkan rundown acara yang diperoleh IDN Times, acara di panggung utama Istora Senayan bakal dimulai hari ini pukul 19.25 WIB. 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengakui bahwa PAN mengundang boyband Korea, Astro, untuk meramaikan rakernas. "Kalau teman-teman mau nonton K-Pop, bagus tuh jam 19.00 di Istora Senayan," ungkap Zulkifli di Istana Kepresidenan, Kamis (25/8/2022). 

Pria yang akrab disapa Zulhas itu juga mengaku melaporkan secara khusus kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo bahwa pada akhir pekan ini PAN akan menggelar rakernas. "Tentu, saya (kasih) laporan. Bagaimana pun saya ketua umum partai, saya juga laporan ke Bapak Presiden kalau Sabtu kami akan (gelar) rakernas," tutur dia. 

Lalu, apa agenda dalam rakernas yang digelar bersamaan dengan HUT ke-22 PAN?

1. Rakernas PAN bakal umumkan masing-masing tiga bakal capres dan cawapres

Gaet Pemilih Muda, PAN Ajak Boyband Korea Astro Ramaikan Rakernas 2022Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno (www.instagram.com/@eddy_soeparno)

Zulhas menjelaskan, rakernas yang digelar satu hari itu bakal diikuti oleh DPD dari kabupaten hingga provinsi. Mereka bakal mengusulkan nama-nama calon presiden. 

"Itu nanti dalam rakernas akan ditampung. Tapi, belum diputuskan. Nanti ada yang dari gubernur. Provinsinya yang ngusulkan gubernur, ada juga yang usulkan klaster pimpinan partai politik (dari) KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) misalnya. Kan ada juga yang diusulkan oleh menteri-menteri," kata Zulhas. 

Sementara, dalam wawancara khusus IDN Times bersama Sekjen PAN Eddy Soeparno, ia mengatakan, dari sekian banyak usulan yang ada, pihaknya bakal menciutkan menjadi enam nama. Mereka terdiri dari tiga bakal capres dan tiga bakal cawapres. 

"Kami akan upayakan lebih diciutkan dalam artian bahwa angka-angkanya yang datang dari grass root sudah mengkristal. Kami akan ajukan tiga capres dan tiga cawapres," ujar Eddy pada 1 Juli 2022 lalu.

Ia mengatakan, setelah terpilih tiga nama capres dan cawapres, maka PAN bakal datang ke KIB. Mereka akan mengajak diskusi dua pimpinan parpol lainnya yakni Golkar dan PPP. 

"Kalau sudah dapat namanya, nanti kami datang ke koalisi. Pak Airlangga dan Pak Suharso, yuk kita diskusi yuk. Ini nama yang keluar dari akar rumput PAN. Dari akar rumput PPP, gimana? Akar rumput Golkar gimana? Lalu berembuk. Siapapun nanti yang keluar namanya akan menggunakan sekoci dari KIB untuk Pilpres 2024," tutur dia lagi.

Baca Juga: [WANSUS] Sekjen PAN: KIB Sekoci Capres Pilihan Koalisi

2. PAN tidak ngotot harus usung capres dari internal partai

Gaet Pemilih Muda, PAN Ajak Boyband Korea Astro Ramaikan Rakernas 2022IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, ketika ditanya kans Zulhas untuk ikut diajukan sebagai salah satu bakal capres, Eddy menyebut, PAN tidak terlalu ngotot untuk mengajukan kader internal. Sebab, fokus mereka adalah menang di Pemilu 2024. 

"Memang kalau sebuah partai politik memiliki kebanggaan jika kadernya maju di pilpres. Kami sudah punya rekam jejak di situ, PAN. Pada 2004, kami mengusung Pak Amien Rais sebagai capres. Pada 2014, (PAN mengusung) Pak Hatta Rajasa sebagai cawapres," ujar Eddy.

"Jadi, bagi saya dan warga PAN, jika Pak Zulkifli Hasan memiliki potensi untuk maju di 2024, tentu itu sebuah kebanggaan bagi kami. Kalah menangnya nanti dulu, yang diperlukan adalah bagaimana kader kami bisa maju. Tapi, kalau memang kami anggap bahwa kader pun kalau diajukan, kecil kemungkinan untuk menang, ya kami harus lebih realistis," tutur dia lagi. 

Ia mengatakan, penting bagi PAN untuk memenangkan Pilpres 2024 agar program dan perubahan yang dibawa oleh partai dengan ciri khas warna biru itu bisa terlaksana ketika berkuasa.

"Mau mengajukan kader, itu prioritas. Tapi, kalau pun tidak, kita tidak boleh mengunci diri sendiri untuk mendorong kader, padahal kondisi di lapangan akan sangat berat," katanya.

3. Rakernas digelar pada Sabtu 27 Agustus 2022

Gaet Pemilih Muda, PAN Ajak Boyband Korea Astro Ramaikan Rakernas 2022Konser Birukan Langit Indonesia Festival yang digagas PAN sebelum rakernas pada 27 Agustus 2022. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara, menurut Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, rakernas PAN akan digelar pada Sabtu 27 Agustus 2022 di Istora Senayan. Viva pun membagikan flyer kegiatan rakernas PAN dengan tema 'Birukan Langit Indonesia Festival' di Istora Senayan. Dari flyer tersebut, terlihat penampil utama yang dinanti adalah boyband Korea, Astro. 

Selain itu, ada musisi Tanah Air mulai dari Tiara Andini, Brisia Jodie, Ungu, Unity, Vierratale, hingga Maliq & D'essentials. Di sisi lain, Zulhas mengatakan, PAN sudah mengirimkan undangan bagi Presiden Jokowi untuk hadir. 

"Iya, kami sudah mengundang. Saya minta (ada) rekaman video pidato. Kalau acaranya langsung, gak mungkin Presiden diminta dengarkan pidato-pidato yang lain. Gak pas kan. Jadi, saya minta nanti direkam (pesan Presiden)," tutur Zulhas. 

https://www.youtube.com/embed/pZdhVChgefE

Baca Juga: Diplomasi Gowes Sepeda: Lobi-Lobi Politik PAN dan PDIP di Antara KIB 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya