Gantikan Habiburokhman, Imron Amin Diangkat Jadi Wakil Ketua MKD 

Habiburokhman kini fokus menjadi Wakil Ketua Komisi 3 DPR

Jakarta, IDN Times - Fraksi Partai Gerindra menunjuk Anggota DPR Komisi XI, Imron Amin menjadi Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pada Senin (10/7/2023).

Imron menggantikan Habiburokhman yang kini ditugaskan untuk menjadi Wakil Ketua Komisi III DPR. Proses penunjukkan itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad di ruang MKD. 

"Sesuai dengan surat Fraksi Partai Gerindra, dengan ini kami selaku pimpinan Dewan, menetapkan Saudara H Imron Amin dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Wakil Ketua MKD menggantikan Saudara Habiburokhman. Apakah dapat disetujui?" tanya Dasco di ruang rapat MKD. 

"Setuju," ungkap para pimpinan MKD lainnya. 

Lebih lanjut, Imron mengaku akan menjalankan semua agenda yang telah dilakukan oleh MKD.  Semua laporan yang masuk ke MKD, katanya, akan diverifikasi oleh pihaknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kita tetap menjalankan apa yang menjadi agenda-agenda di MKD dan menerima semua laporan yang masuk di MKD," ujarnya lagi. 

Baca Juga: RUU Kesehatan Bakal Disahkan Jadi Undang-undang Pekan Ini

1. Susunan kepemimpinan MKD pada tahun 2019-2024

Gantikan Habiburokhman, Imron Amin Diangkat Jadi Wakil Ketua MKD Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Nazaruddin Dek Gam (kiri) dan Habiburokhman (kanan) saat memberikan keterangan soal laporan pelanggaran kode etik Puan Maharani, Selasa (13/9/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Setelah Imron diangkat menjadi Wakil Ketua MKD, maka ini susunan pimpinan MKD pada tahun 2019-2024 dalam sidang tahun 2023 yang berjalan:

  1. Adang Daradjatun, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera. Nomor Anggota 426. Dapil DKI Jakarta III sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan.
  2. Trimedya Panjaitan, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Nomor Anggota 140. Dapil Sumatra Utara II sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan.
  3. Andi Rio Idris Padjalangi, Fraksi Partai Golongan Karya. Nomor Anggota 342. Dapil Sulawesi Selatan II sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan.
  4. Imron Amin, Fraksi Partai Gerindra. Nomor Anggota 116. Dapil Jawa Timur XI sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan.
  5. Nazaruddin Dek Gam, Fraksi Partai Amanat Nasional. Nomor Anggota 478. Dapil Aceh I sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan

Baca Juga: MKD Tak Ngotot Cecar Mahfud Siapa Anggota DPR yang Dihubungi Sambo

2. Imron Amin politisi milenial dan adik mantan Bupati Bangkalan

Gantikan Habiburokhman, Imron Amin Diangkat Jadi Wakil Ketua MKD Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Imron Amin. (www.dpr.go.id)

Bila menilik rekam jejaknya, Imron diketahui lahir pada 15 Agustus 1987. Ia adalah politisi milenial yang baru lolos masuk ke parlemen pada periode 2019-2024. 

Ketika mengikuti Pemilu Legislatif 2019 lalu, ia berhasil meraup 242.437 suara dari Dapil Jatim XI. Imron juga diketahui merupakan adik dari mantan Bupati Bangkalan, Abdul Latif Amin Imron. 

Namun, nasib politik kakaknya tidak berjalan dengan mulus. Sebab, ia menjadi tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, Abdul Latif terlibat dugaan suap hasil asesmen lelang jabatan dan perkara lain. 

Sedangkan, kakak Abdul Latif adalah Fuan Amin Imron. Ia juga merupakan mantan Bupati Bangkalan. Fuad merupakan narapidana kasus suap dan pencucian uang. Ia kemudian divonis 13 tahun bui dan denda Rp1 miliar. Namun, ia meninggal di RS Sutomo, Surabaya pada 2019 lalu ketika masih menjalani masa penahanan. 

Baca Juga: Anggota DPR Desak Pembelian 12 Jet Tempur Mirage Bekas Dibatalkan

3. Imron Amin termasuk daftar lima caleg yang meraih suara terbanyak Pemilu 2019

Gantikan Habiburokhman, Imron Amin Diangkat Jadi Wakil Ketua MKD Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski masih berusia muda, tetapi Imron berhasil masuk ke dalam daftar caleg dari Partai Gerindra yang meraih suara terbanyak dalam Pemilu 2019. Berikut datanya!

  1. Imron Amin, Jawa Timur XI, meraih 242.437 suara
  2. Fadli Zon, Jawa Barat V, meraih 230.524 suara
  3. Muhammad Husein Fadluloh, Jawa Barat XI, meraih 181.435 suara
  4. Gus Irawan Pasaribu, Sumatera Utara II, meraih 168.342 suara
  5. Rachel Maryam Sayidina, Jawa Barat II, meraih 145.636 suara 

Baca Juga: MKD Panggil Politikus NasDem soal Dugaan Pelecehan Seksual Rabu Ini

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya