Hari Ini Andika Resmi Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Yudo Margono

TNI juga gelar upacara pisah sambut bagi Yudo dan Andika

Jakarta, IDN Times - Jenderal Andika Perkasa pada Selasa, (20/12/2022) resmi menyerahkan jabatan sebagai Panglima TNI kepada Laksamana Yudo Margono. Upacara serah terima jabatan digelar di Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur.

Wakil Kepala Puspen TNI, Brigjen Sugiono mengatakan upacara serah terima jabatan bakal digelar pada pukul 09.30 WIB. Sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Ketua DPR, Puan Maharani hingga tiga kepala staf angkatan bakal ikut menyaksikan serah terima jabatan pada hari ini.

"Nanti, acaranya digelar pada pukul 09.30 WIB di area lapangan Plaza Mabes TNI," ungkap Sugiono di ruang Puspen TNI.

Jenderal Andika menyerahkan jabatan setelah Laksamana Yudo resmi dilantik sebagai Panglima TNI di Istana Kepresidenan pada Senin, (19/12/2022).

Usai pelantikan, Andika menggelar exit briefing di Mabes TNI. Andika mengatakan bahwa selama menjabat Panglima TNI selama 13 bulan, ia sudah melakukan yang terbaik.

"Jadi, saya sudah melakukan yang saya mampu dan semaksimal mungkin selama satu tahun dan satu bulan," tutur dia.

Yudo sendiri bakal menjabat sebagai Panglima TNI kurang dari satu tahun. Sebab ia bakal pensiun pada akhir tahun 2023. Di sisi lain, ia juga bakal merangkap posisi KSAL sementara waktu lantaran Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum melantik perwira tinggi TNI AL untuk menggantikan Yudo.

Usai digelar sertijab, TNI akan melakukan tradisi upacara perpisahan untuk melepas Jenderal Andika dan sang istri, Hetty. Di saat yang bersamaan, TNI akan melakukan penyambutan Laksamana Yudo sebagai Panglima TNI.

Baca Juga: Arahan Jokowi ke Yudo Margono Usai Pelantikan Panglima TNI

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya