Ini Awal Mula Bintang Emon Buat Video Kritik Soal Tuntutan Kasus Novel

"Gak tahu kalau masalah (video) ini akan jadi gede"

Jakarta, IDN Times - Komika Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra atau yang akrab disapa Bintang Emon mengaku tak menyangka video kritiknya mengenai Novel Baswedan menjadi viral pada (12/6) lalu. Hidup Bintang pun berubah dan mengalami peristiwa yang membuatnya cukup stres. Mulai dari dituduh menggunakan narkoba jenis sabu, akun media sosialnya coba dibobol orang tak dikenal, hingga videonya dilaporkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

"Gak tahu gue (kalau masalah ini akan jadi besar), karena video-video gue yang lalu membahas keresahan yang ada di masyarakat. Kebetulan yang lalu kan keresahannya soal kasus tersebut (tuntutan Novel Baswedan)," ungkap Bintang ketika diwawancarai oleh Deddy Corbuzier di program podkes dengan tajuk "Bintang Emon dari Gak Sengaja Sampe Narkoba" yang tayang pada Rabu (17/6). 

Bintang mengaku sesungguhnya tidak terlalu memahami perkara yang dialami penyidik Novel Baswedan. Ia mengatakan hanya paham sedikit lalu membawakannya secara komedi. 

"Kalau loe bedah, yang gue sampaikan itu hanya kulit-kulit luar (kasusnya saja). Hanya receh-receh, sudah ada di media. Cuma dibawakan dengan gaya komedi gue," tuturnya lagi. 

Lalu, menurut pendapat Bintang Emon, siapa yang kira-kira mencoba untuk memfitnahnya menggunakan narkoba di media sosial?

1. Bintang Emon membuat video kritik ringannya tuntutan Novel hanya untuk menghibur

Ini Awal Mula Bintang Emon Buat Video Kritik Soal Tuntutan Kasus NovelInstagram/@bintangemon

Kepada Deddy, komika usia 24 tahun itu mengaku tak memiliki niat buruk selain menghibur publik melalui video tersebut. Kendati sifatnya untuk bahan candaan, namun Bintang menyadari akan ada pihak-pihak tertentu yang mungkin tersinggung dengan materi komedinya tersebut. 

"Harus ada konflik dulu, makanya baru bisa dibahas (di video)," kata dia. 

Menyadari video kritikannya itu viral dan menjadi perbincangan luas di tingkat nasional, Bintang memilih tidak banyak berkomentar. Bahkan, ia sampai harus mengunci akun Twitternya.

Begitu juga dengan akun Instagramnya. Komika jebolan Stand Up Comedy Academy (SUCA) 3 itu mengaku tidak ingin berspekulasi macam-macam mengenai pihak yang memfitnahnya sebagai pecandu narkoba. 

"Gue tahu itu bukan ranah gue. Ranah gue itu adalah video yang sudah beredar di publik. Makanya yang gue sampaikan kan cuma tipis-tipis. Kapasitas gue memang di situ," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Bintang Emon Alami Perundungan, Novel Baswedan: Semoga Dia Kuat

2. Bintang Emon rogoh biaya sendiri senilai Rp1,6 juta untuk melakukan tes narkoba

Ini Awal Mula Bintang Emon Buat Video Kritik Soal Tuntutan Kasus NovelInstagram/@bintangemon

Untuk membuktikan bahwa ia bukan pengguna narkoba, Bintang sengaja melakukan tes di RS Pondok Indah Puri Indah. Biaya yang ia keluarkan mencapai Rp1,6 juta. Ia sengaja cepat mengambil tindakan sebelum pembunuhan karakternya di media sosial berlanjut. 

"Gue juga ngeri sama isu-isu yang beredar. Hati-hati loe, Tang, ntar pas makan ada ini itu. Makanya gue buru-buru tes itu. Oh, ternyata hasilnya negatif. Alhamdulilah," ungkap Bintang. 

Ia pun mengaku belum pernah mengonsumsi narkoba jenis sabu. Oleh sebab itu, ia khawatir bisa saja akan dijebak oleh pihak-pihak tertentu. Bintang pun mengakui di kalangan komika lainnya, ia termasuk yang dikatakan tidak banyak berulah. 

"Karena menurut anak-anak di Stand Up (Comedy), gue itu untuk diajak yang asyik-asyik itu gak seru," ujarnya lagi. 

3. Akun media sosial Bintang Emon beberapa kali coba diretas orang

Ini Awal Mula Bintang Emon Buat Video Kritik Soal Tuntutan Kasus NovelInstagram/@bintangemon

Di program itu pula, Bintang mengakui secara jujur, sudah ada beberapa upaya untuk membobol akun media sosialnya. Bahkan, sudah ada beberapa kali permintaan untuk mengganti password di Twitter. 

"Tapi, gue gak curiga ke mana pun. Tetap, gue menyikapinya cuma bilang ada yang coba resek ke gue. Ya, udahlah," tutur dia. 

Bintang pun mengaku terganggu dengan tindakan orang-orang tak dikenal yang coba mengakses akun media sosialnya. Oleh sebab itu, akun-akun media sosial yang ia punya selalu diperiksa secara rutin. 

"Supaya, gue tahu pergerakan tingkat keamanannya," ujarnya. 

4. Bintang Emon sengaja mengunci akun Twitternya agar tidak "dikerjai"

Ini Awal Mula Bintang Emon Buat Video Kritik Soal Tuntutan Kasus NovelInstagram/bintangemon

Bintang juga mengakui akun Twitternya sengaja ia kunci. Sebab, akun-akun anonim yang menyebarkan rumor ia pengguna narkoba tidak mengikuti akun Twitternya. 

"Dengan gue lock (akun media sosial), mereka kan jadi gak tahu aktivitas sehari-hari gue (di media sosial)," kata dia. 

Kendati dihantui ancaman akun media sosialnya diretas, namun Bintang tetap beraktivitas di dunia maya. Walaupun, ia batasi. 

"Gue batasi satu atau dua tweet sih, karena tidak mood dong bos. Nanti gue nge-tweet malah typo. Akhirnya gue simpen aja (cuitannya)," ujarnya. 

https://www.youtube.com/embed/urOIV8kT_L4

Baca Juga: 10 Gaya Kasual dan Simpel ala Bintang Emon, Best Boy Idola Netizen

Topik:

  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya