Ini Visi-Misi Jenderal Agus bila Dilantik Jadi Panglima TNI

Percepatan modernisasi alutsista menjadi fokus Agus

Jakarta, IDN Times - Calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, memaparkan visi dan misinya di hadapan komisi I DPR dalam sesi uji kepatutan dan kelayakan pada Senin (13/11/2023).

Visi yang ia pilih adalah "TNI yang prima yaitu TNI yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif" dalam membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya gempur guna menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan dan tantangan yang membahayakan integrasi bangsa dan negara. Visi ini, kata Agus, merupakan perwujudan dari program Panglima TNI sebelumnya.

"Saya akan berkomitmen melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan oleh para panglima sebelumnya dan program-program seperti yang tertuang di dalam rencana strategis TNI tahun 2020-2024 yang berpedomen pada sasaran prioritas nasional," ujar Agus yang mengenakan pakaian dinas berwarna hijau khas TNI Angkatan Darat.

"Saya juga mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah nasional periode 2020-2024 dan rencana strategis Kementerian Pertahanan dan TNI periode 2020-2024," tambahnya. 

Untuk bisa mewujudkan visi itu, Agus memaparkan lima misi.

"Pertama, memelihara profesionalisme TNI sebagai alat pertahanan negara. Kedua, meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi lingkungan yang strategis. Ketiga, memantapkan kemampuan TNI yang integratif dan bersinergi dengaan kepolisian, kementerian, lembaga dan komponen lainnya," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu.

Keempat, mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kelima mewujudkan TNI yang adaptif terhadap tuntutan tugas dan spektrum ancaman.

Pemaparan visi dan misi bisa disaksikan terbuka oleh publik. Namun, dalam sesi pendalaman yakni pertanyaan dari anggota komisi I DPR dilakukan secara tertutup.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margodo dan dua kepala staf ikut mengantar KSAD Agus mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Begitu pula Kapolri, Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya