IPW Desak Polri Dalami Grafis Kaisar Sambo-Konsorsium 303 yang Viral

Grafis itu menyeret 5 nama jenderal bintang 2 di Polri

Jakarta, IDN Times - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, mendesak Polri agar segera mendalami grafis berisi skema dugaan Irjen (Pol) Ferdy Sambo dan sejumlah petinggi Polri yang terseret bisnis judi.

Hal itu tergambar secara blak-blakan di dalam grafis yang diberi judul 'Kaisar Sambo dan Konsorsium 303.' 303 adalah pasal di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang mengatur tentang larangan perjudian di Indonesia.

Di dalam grafis yang sudah viral di media sosial itu, terdapat setidaknya ada lima nama jenderal bintang dua yang diduga ikut bersama Sambo menjadi beking bisnis judi. "Menurut saya itu adalah data-data yang sangat perlu didalami oleh Polri, apakah oleh tim khusus atau Pak Kapolri akan membentuk tim lagi, ya itu terserah dari kepolisian," ungkap Sugeng ketika dihubungi oleh IDN Times melalui telepon pada Kamis, (18/8/2022).

Ia menduga informasi tersebut sengaja disebar oleh pihak-pihak yang berseberangan dengan Ferdy Sambo. Sebab, informasi semacam itu, kata dia, hanya dimiliki oleh penyidik di internal kepolisian. Bahkan, di grafis itu, turut disebut perwira polisi dengan nama dua perempuan yang diduga adalah selingkuhannya.

"Ini salah satu bentuk persaingan di internal Polri untuk menduduki jabatan-jabatan strategis," kata dia.

"Jadi, informasi ini sengaja dibuka ke publik oleh pihak-pihak yang berseberang dengan Pak Sambo dengan tujuan mendeskreditkan Pak Sambo," ujarnya lagi.

Padahal, menurut dia, nama-nama yang ada di dalam grafis itu belum tentu salah dan terkait bisnis judi seperti yang dinarasikan. Namun, ia tak menampik bahwa ada sejumlah nama di grafis itu yang dulu pernah bekerja sama dengan Sambo di Satgas Khusus Merah Putih.

Baca Juga: Namanya Masuk di Isu Kaisar Sambo 303, Ini Kata Brigjen Herry Heryawan

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya