Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di Medsos

Warganet yang merupakan komika itu meminta maaf ke Iriana

Jakarta, IDN Times - Di tengah kegembiraan lantaran Indonesia sukses menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali, keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo justru kesal melihat ulah seorang warganet. Pasalnya, warganet itu mengunggah foto Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee, dengan nada yang dianggap menghina. 

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum." "Baik, Nyonya," demikian cuitan yang dibuat oleh warganet dengan akun @KoprofilJati, pada Kamis 17 November 2022 lalu, di atas foto kedua ibu negara.

Sontak cuitan itu menjadi viral dan memicu amarah warganet. Mereka menilai narasi yang ditulis oleh KJ menggambarkan Iriana adalah asisten rumah tangga bagi Ibu Negara Korsel. Selain itu, banyak pula yang menyesalkan mengapa seorang Ibu Negara harus ikut menjadi sasaran penghinaan. Lantaran Iriana tidak terlalu banyak ikut campur dalam urusan politik negara. 

KJ pun sadar cuitannya menjadi bumerang. Ia pun menjadi korban doxing di media sosial. Foto, akun medsosnya, hingga toko daringnya menjadi sasaran kemarahan warganet. 

KJ sempat meminta maaf di akun Twitternya lantaran unggahan tersebut memicu kemarahan publik. Ia pun menghapus foto Iriana bersama Kim.

Putra bungsu Iriana dan Jokowi, Kaesang Pangarep, terlihat kesal dengan ulah netizen tersebut. "Lha, terus maksudmu gimana?" cuit Kaesang menanggapi akun @KoprofilJati,  pada Kamis kemarin yang langsung direspons oleh warganet lainnya.

Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di MedsosRespons Kaesang Pangarep ketika seorang warganet dianggap menghina Iriana Jokowi di media sosial papada 17 November 2022. (www.twitter.com/@kaesangp)

Anak sulung Iriana dan Jokowi, Gibran Rakabuming yang juga Wali Kota Solo turut bersuara. Dia mempertanyakan apakah KJ sengaja menghapus cuitan sebelumnya lantaran salah paham. "Salah paham?" cuit Gibran. 

Karena mendapat serangan yang bertubi-tubi, akun @KoprofilJati di Twitter kini terlihat lenyap. Ia kemudian menyampaikan permintaan maaf lebih panjang melalui akun Facebooknya. 

Di sisi lain, baik Gibran maupun Kaesang sudah tak ingin lagi memperpanjang cuitan KJ. Meskipun tak sedikit warganet yang mendesak agar kedua putra Presiden itu melaporkan ke polisi tindakan komika asal Yogyakarta tersebut. Namun, keduanya justru memberikan respons yang memancing gelak tawa.

Apa saja respons Gibran dan Kaesang terkait cuitan yang dinilai telah menghina sang ibunda?

1. Kaesang pilih tak ambil langkah hukum karena diminta Iriana untuk bersabar

Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di MedsosPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)
Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di MedsosRespons Kaesang Pangarep ketika seorang warganet dianggap menghina Iriana Jokowi di media sosial papada 17 November 2022. (www.twitter.com/@kaesangp)

Sementara, melalui akun media sosialnya, Kaesang akhirnya memilih tak ambil langkah hukum lantaran diminta bersabar oleh sang ibunda. "Habis di-WA sama Ibuk. Disuruh bersabar. Yowes, aku sabar," cuit Kaesang di Twitter pada Kamis kemarin. 

Pernyataan itu disampaikan Kaesang untuk merespons warganet yang mengingatkan putra bungsu Jokowi tersebut pernah menyampaikan ia tak akan tinggal diam bila Iriana jadi sasaran penghinaan di media sosial. "Enggak (marah) kalau bapak (presiden) diserang. Tapi, kalau ke ibu iya marah. Kalau ke bapak bodo amat sih," ujar Kaesang di program siniar Irfan Hakim. 

Kaesang kemudian mengunggah cuitan 'sabar' di akun Twitternya pada Kamis kemarin. Seolah ingin merespons warganet, Kaesang justru membanjiri timeline Twitternya dengan sejumlah meme.

Termasuk foto sang ayah dengan tulisan 'lu hapus gak.' Sontak, respons Kaesang itu membuat warganet tertawa. Tak sedikit pula yang memuji kesabaran Kaesang lantaran memilih mendengarkan nasihat Iriana.

Baca Juga: Biodata dan Profil Komikus Kharisma Jati yang Tengah Disorot

2. Gibran memilih untuk tetap santai usai cuitan yang menghina Iriana dihapus

Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di MedsosGibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Reyma)

Senada dengan Kaesang, Gibran juga memilih tak menempuh langkah hukum. Bahkan, di akun Twitternya, Gibran merespons warganet agar santai saja. 

Respons Gibran itu turut menuai pujian dari warganet. Mereka mengaku salut Gibran selaku pejabat publik, tetap sabar menghadapi hinaan dari warganet di media sosial. 

3. Komika KJ meminta maaf kepada Iriana karena unggahannya di Twitter

Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di MedsosPresiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana meninjau Taman Mangrove Ngurah Rai, Bali pada Jumat (8/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sementara, setelah membuat kehebohan di Twitter, Komika KJ justru membuat permintaan maaf di platform Facebook. Ia pun mengakui bahwa unggahan foto Iriana dengan Ibu Negara Korsel itu telah menyinggung perasaan keluarga Jokowi. 

"Dengan ini saya, Kharisma Jati, meminta maaf kepada keluarga besar Presiden RI atas unggahan saya di media sosial yang menyinggung perasaan anggota keluarga Bapak Presiden Joko Widodo, termasuk kerabat, staf dan pejabat di lingkungan kepresidenan. Permintaan maaf ini, saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa unsur keterpaksaan maupun kepura-puraan," tulis KJ di akun Facebooknya. 

Ia pun menyebut bakal legawa bila seandainya di masa depan akan ada tuntutan hukum lantaran aksinya tersebut. "Maka, saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal," tutur dia. 

Namun, permintaan maaf itu tetap dinilai tidak tulus oleh warganet lantaran KJ justru menolak untuk meminta maaf kepada para pendukung Jokowi. "Tidak ada sedikit pun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dan etika," katanya.

Baca Juga: Kaesang Blak-blakan Akui Privilese Anak Presiden Dongkrak Bisnisnya 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya