Comscore Tracker

Usai Ditolak, Kapal Pesiar Zaandam Akhirnya Bisa Berlabuh di Florida

Terdapat 254 WNI yang bekerja di kapal itu

Jakarta, IDN Times - Usai sempat ditolak untuk berlabuh di beberapa lokasi, kapal pesiar milik operator Holland America, Zaandam, akhirnya bisa melepas jangkar di Pelabuhan Ft. Lauderdale, Florida, Amerika Serikat pada Jumat (3/4). Menurut data, di dalam kapal pesiar mewah itu mengangkut 1.243 penumpang dan 586 kru kapal. Kementerian Luar Negeri memastikan sebanyak 254 WNI memang bekerja di sana sebagai kru kapal. 

Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha membenarkan memang ada kasus penyebaran virus corona di atas kapal pesiar mewah itu. 

"Informasi terakhir yang kami terima kapal itu sedang menuju ke Amerika Serikat. Kami sedang mengkomunikasikan kepada principal (pemilik kapal) dan manning agency mengenai kondisi ABK kita yang bekerja di sana," ungkap Judha ketika memberikan keterangan pers virtual pada (1/4) lalu di kantor Kemenlu. 

Sementara, berdasarkan laporan stasiun berita CNN (3/4), sebanyak empat penumpang berusia lansia meninggal di atas kapal tersebut. Namun pihak manajemen kapal tidak menyebut penyebab dari kematian empat penumpang tersebut. 

Lalu, apa langkah dari pemerintah untuk memastikan jangan sampai kru kapal asal Indonesia terpapar virus corona?

1. Perwakilan RI di AS masih memeriksa kondisi WNI di atas kapal pesiar MS Zaandam

Usai Ditolak, Kapal Pesiar Zaandam Akhirnya Bisa Berlabuh di Florida(Kapal pesiar Grand Princess tengah berlayar) www.business.sg

Plt juru bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah menjelaskan saat ini kebijakan yang diambil oleh pihak manajemen kapal pesiar yakni menurunkan penumpang terlebih dulu. Penumpang yang boleh turun harus dalam keadaan sehat. 

Pria yang akrab disapa Faiza itu membenarkan memang ada penumpang yang meninggal dan ada penyebaran kasus COVID-19 di atas kapal pesiar tersebut. 

"Informasi mengenai kondisi WNI masih ditelusuri," tutur Faiza melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Jumat malam kemarin. 

Baca Juga: Wabah Corona: Pemerintah akan Boyong Pulang 57 WNI ABK Grand Princess

2. Sembilan penumpang kapal pesiar MS Zaandam dilaporkan tertular virus corona

Usai Ditolak, Kapal Pesiar Zaandam Akhirnya Bisa Berlabuh di FloridaIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut laporan yang dikutip Business Insider ada sekitar 250 penumpang di atas kapal yang diketahui mengeluhkan sakit di bagian pernafasan. Sejauh ini sembilan penumpang dilaporkan terinfeksi virus corona. 

Manajemen kapal pesiar kemudian menempuh kebijakan untuk memulangkan para penumpang yang sehat lebih dulu. Ada sekitar 1.164 penumpang yang rencananya akan dipulangkan ke AS dan beberapa negara lainnya. 

Manajemen telah memesan penerbangan khusus menuju ke Toronto (Kanada), Atlanta (AS), San Francisco (AS), Paris (Prancis), Frankfurt (Jerman) dan London (Inggris). Pesawat yang sudah dipesan akan mengangkut para penumpang mulai dari hari Jumat pukul 10:30 waktu setempat hingga pukul 01:00 dini hari keesokan harinya. 

Sementara, para penumpang yang terlihat dalam keadaan sakit diminta untuk tetap berada di atas kapal pesiar. Dengan dibiarkannya penumpang turun dari kapal maka sekaligus mengakhiri drama penolakan kapal pesiar ini lantaran diduga akan menjadi tempat yang menularkan virus corona. Kejadian serupa sudah pernah terjadi pada kapal pesiar Diamond Princess. 

Otoritas berwenang tengah memutar otak bagaimana caranya tetap memberikan bantuan kemanusiaan kepada para penumpang di atas kapal pesiar tanpa membuka kemungkinan penularan COVID-19. 

3. Kapal pesiar MS Zaandam berangkat dari Argentina dan mengakhiri pelayaran di Chile, tapi ditolak

Usai Ditolak, Kapal Pesiar Zaandam Akhirnya Bisa Berlabuh di FloridaKapal pesiar Costa Luminosa asal Italia (Dok. Costa Cruises)

Menurut laporan Business Insider, kapal pesiar Zaandam diketahui mulai berangkat dari Buenos Aires, Argentina pada (7/3) lalu dan dijadwalkan tiba di tujuan akhir di San Antonio, Chile pada (21/3). Namun, otoritas di Chile menolak menerima mereka lantaran mendengar ada penumpang yang meninggal di atas kapal. 

Selain itu, penumpang dan kru kapal mulai jatuh sakit. Manajemen kapal pesiar kemudian mengirimkan bantuan medis dan membawa keluar penumpang yang sehat. 

Berdasarkan keterangan dari manajemen Holland America, sekitar 90 tamu dan 143 kru kapal sudah mulai mengeluhkan gejala-gejala seperti flu sejak (22/3) lalu. 

https://www.youtube.com/embed/tjxHELqn72E

Baca Juga: Pemerintah Tak Bisa Paksa Pulang WNI yang Tetap di Diamond Princess

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya