Kapolresta Jayapura Jadi Komandan Upacara Penurunan Bendera di Istana

Komandan kompi Paskibraka adalah Danunitpom TNI AU

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali memimpin upacara terkait peringatan HUT ke-78 Indonesia di Istana Merdeka pada Kamis (17/8/2023). Pada sore ini, Jokowi memimpin upacara penurunan sang saka merah putih yang dikibarkan pada pagi tadi.

Bila pada pagi tadi komandan upacara berasal dari unsur TNI, maka saat penurunan bendera dipimpin oleh personel Polri. Komandan upacara penurunan bendera adalah Kombes (Pol) Dr. Victor Dean Mackbon.

Ia lahir di Manokwari pada 13 Juni 1979. Victor merupakan lulusan Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 2000. Sehari-hari Victor menjabat sebagai Kapolresta Jayapura.

"Kepada inspektur upacara, hormat senjata, gerak!" demikian suaranya terdengar membahana di area Istana Merdeka pada sore ini.

Sementara, Komandan kompi Paskibraka dijalankan oleh Kapten Polisi Militer (POM) Herlan Auriza. Sehari-hari, Herlan menjabat sebagai Danunitpom Puspom TNI AU. Sedangkan, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani kembali bertindak sebagai perwira upacara.

Berdasarkan informasi, paskibraka yang bertugas di upacara penurunan bendera diberi nama Tim Indonesia Jaya. Siswa asal Sumatra Selatan, Keyla Azzahra Purnama terpilih menjadi pembawa baki bendera merah putih usai diturunkan dari tiang bendera.

Sedangkan, tiga orang yang bertugas menurunkan bendera yakni Frans Timotyhy Prawira Siallagan asal Lampung, I Made Guruh Anggara Putra asal Bali dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga yang mewakili Jawa Barat.

Baca Juga: Siswa Asal Sumsel Jadi Pembawa Baki Upacara Penurunan HUT ke-78 RI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya