Kapolri Ogah Bahas Jenderal Bintang 3 yang Ancam Mundur terkait Sambo

Kapolri tegaskan internal Polri tetap solid

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo ogah mengungkap ke publik identitas jenderal bintang tiga yang mengancam bakal mundur bila Irjen (Pol) Ferdy Sambo tidak ditetapkan jadi tersangka pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Ia berdalih saat ini para perwira tinggi di Mabes Polri solid dan kompak.

"Kan itu (jenderal bintang tiga ancam mundur) bukan saya yang sampaikan, jadi saya tak bisa jelaskan. Yang jelas kami kompak semuanya (di Polri)," ungkap Sigit yang berdiri didampingi para perwira tinggi Polri di gedung DPR Senayan usai rapat dengan komisi III, Rabu, (24/8/2022).

Isu ini sempat disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Keamanan dan Hukum, Mahfud MD di rapat bersama komisi III pada Senin, 22 Agustus 2022 lalu. Namun, ketika didesak oleh anggota komisi III, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu enggan mengungkapnya. Mahfud hanya bersedia mengungkap identitas jenderal bintang tiga itu ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Kapolri.

Isu jenderal bintang tiga yang mengancam mundur itu menyeruak jelang penetapan Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana pada 9 Agustus 2022 lalu. Mahfud mengakui banyak personel Polri yang loyal terhadap mantan Kadiv Propam tersebut yang berusaha menghalangi proses penyidikannya.

Puncaknya di saat rapat gelar perkara, muncul pertanyaan kepada Mahfud mengenai informasi adanya jenderal bintang tiga mengancam bakal mundur bila Sambo tidak ditetapkan sebagai tersangka. Jenderal itu disebut bakal pensiun pada tahun ini, sehingga ia tak mau di sisa masa kerjanya bakal ternoda karena perkara Sambo.

Di sisi lain, Sigit menyebut bakal melakukan pembenahan di internal kepolisian agar peristiwa serupa tidak terulang. Selain itu, Polri bakal melakukan tugas-tugas kepolisian, seperti mengawal sejumlah kebijakan pemerintah, termasuk menyiapkan KTT G20 pada November mendatang di Bali.

"Kami akan menindak lanjuti rekomendasi dari komisi III. Polri saat ini tetap solid dan bisa lebih mudah dalam bekerja," kata dia lagi.

Baca Juga: Ini Alasan Polri Belum Munculkan Ferdy Sambo Berbaju Tahanan ke Publik

https://www.youtube.com/embed/DCOTW9LAKKc

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya