Kenang Momen 19 Tahun Tsunami, SBY: Semoga Aceh Makin Maju

SBY menitikan air mata saat berziarah ke kuburan massal

Jakarta, IDN Times - Di sela-sela kunjungan kampanye di Aceh, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri berziarah ke kuburan massal di Siron pada Senin (25/12/2023). Di sana, dikebumikan 46.718 jenazah korban gempa dan tsunami pada 2004 lalu. AHY dan SBY datang ke sana untuk memperingati 19 tahun tragedi gempa dan tsunami di Aceh.

"Memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh, saya bersama Pak SBY ziarah ke kuburan makam Siron. Di sini 46.718 korban gempa dan tsunami dikebumikan secara massal," ujar AHY dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Ia mengatakan bencana tersebut masih menyisakan duka bagi warga Aceh dan masyarakat Indonesia. "Alhamdulilah, kini Aceh terus bangkit. Doa kami bersama seluruh warga Aceh," kata pria yang sempat menjadi prajurit TNI itu. 

1. SBY terharu kenang momen gempa dan tsunami di Aceh

Kenang Momen 19 Tahun Tsunami, SBY: Semoga Aceh Makin MajuPresiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berziara ke pemakaman massal korban tsunami di Aceh pada 25 Desember 2023. (Dokumentasi media Demokrat)

Sementara, SBY sempat menitikan air mata ketika mengenang kembali momen gempa berkekuatan 9,1 magnitudo itu menggoyang Aceh pada 2004 lalu. Ia dan almarhumah Ani Yudhoyono ikut menyaksikan jenazah korban gempa dan tsunami Aceh dimakamkan di Siron. 

"Setelah tsunami melanda Aceh, saya bersama almarhumah Ibu Ani sering mengunjungi Aceh. Karena musibah tsunami merupakan sejarah yang tidak mungkin dilupakan," ujar Presiden ke-6 Indonesia itu. 

Ia mengatakan musibah gempa dan tsunami terjadi tak lama usai ia dilantik sebagai presiden. SBY pun mengaku terkejut ketika tiba di Aceh, jenazah sudah bergelimpangan di mana-mana. 

"Saya ingat sekali, ketika tiba di Aceh, sudah banyak sekali jenazah tergeletak di mana-mana. Tempat ini mengingatkan saya kepada seluruh arwah yang berpulang dalam bencana yang dahsyat itu," kata dia lagi. 

Baca Juga: Ziarah Kuburan Massal Siron, SBY Kenang Datang ke Aceh saat Tsunami

2. SBY doakan Aceh bisa kembali maju seperti sebelum bencana gempa

Kenang Momen 19 Tahun Tsunami, SBY: Semoga Aceh Makin MajuPresiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berziara ke pemakaman massal korban tsunami di Aceh pada 25 Desember 2023. (Dokumentasi media Demokrat)

Hujan rintik-rintik ikut menemani ketika SBY dan AHY berziarah di kuburan massal Siron. SBY pun sempat terharu dan menitikan air mata ketika menyampaikan sambutan. Gempa dan tsunami 2004, kata SBY, adalah salah satu cobaan paling berat yang dihadapi oleh masyarakat Aceh. 

"Semoga ke depan Aceh bisa semakin maju dan masyarakatnya sejahtera," tutur dia. 

Selain berziarah, SBY dan AHY juga melakukan tabur bunga di kuburan massal itu. 

3. Prabowo ikut hadir di acara peringatan 19 tahun gempa dan tsunami Aceh

Kenang Momen 19 Tahun Tsunami, SBY: Semoga Aceh Makin MajuPasangan Calon Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Sementara, juru bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan pada Selasa esok akan ada peringatan resmi 19 tahun peristiwa gempa dan tsunami di Aceh. "Pak Prabowo rencananya juga hadir mewakili Presiden Jokowi," ujar Herzaky kepada IDN Times pada hari ini. 

Ia menyebut SBY pun akan ikut hadir memperingati 19 tahun tsunami Aceh bersama dengan Prabowo. 

https://www.youtube.com/embed/ubAP7eaY4Sc

Baca Juga: 26 Jam Pasca-Tsunami di Aceh, Menyaksikan Kiamat Kecil Bareng Pak JK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya