Ketua DPRD DKI hingga Mantu Jokowi Jadi Panitia Gelaran Formula E 2023

JakPro sebut Formula E 2023 tak akan pakai APBD DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Balap mobil listrik Formula E akan kembali digelar pada 2023. Namun, ada hal menarik dalam perhelatan Formula E tahun ini, yakni pihak yang dulu kencang mengkritik justru masuk sebagai panitia. Ketua Steering Committee (SC), Bambang Soesatyo (Bamsoet), memasukkan nama Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi sebagai salah satu anggota panitia. 

Hal itu disampaikan Bamsoet ketika memberikan keterangan pers di Jakarta Utara pada Selasa (28/2/2023). Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR itu sempat berharap dengan masuknya Prasetyo dalam jajaran panitia, maka diharapakn dia tak terlalu galak mengkritisi Formula E. 

"Saya sendiri sebagai Ketua OC didampingi (Ahmad) Sahroni sebagai Wakil SC (steering committee) sekaligus juga Sekjen IMI (Ikatan Motor Indonesia) Pusat. Lalu,  ada Bobby Nasution sebagai Wakil Steering Committe. Ada Pak Tinton, ada (Sean) Gelael, ada Eko, dan ada Pras (Ketua DPRD DKI Jakarta)," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu. 

"Mudah-mudahan Pras nanti tidak galak-galak lagi karena dia Ketua DPRD DKI Jakarta," katanya sambil disambut tawa hadirin yang lain. 

Dalam forum itu, Bamsoet menyadari belum ada pembalap lokal yang terpilih berpartisipasi di Formula E. Meski begitu, ia berharap Indonesia bisa mengambil manfaat ekonomi ketika memilih menjadi tuan rumah acara berskala internasional. 

"Jadi, kami berupaya semaksimal mungkin. Mungkin tahun ini kami belum bisa menghadirkan local hero-nya. Tapi, paling tidak kami bisa mengambil manfaat ekonomi dari kegiatan internasional sesuai dengan arahan Presiden," tutur dia. 

Lalu, siapa saja yang masuk ke dalam jajaran panitia Formula E 2023? Apa yang membedakan Formula E 2022 dengan tahun 2023?

Baca Juga: Bamsoet Pastikan Formula E Jakarta Tak Pakai Dana APBD 

1. Daftar panitia diisi oleh Bamsoet, Bobby Nasution hingga Ananda Mikola

Ketua DPRD DKI hingga Mantu Jokowi Jadi Panitia Gelaran Formula E 2023Potret mobil balap yang mengaspal di area Sirkuit Formula E pada Sabtu (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Mengutip keterangan tertulis JakPro pada Rabu (1/3/2023), Ketua Steering Committe Formula E 2023 dijabat oleh Bambang Soesatyo. Kemudian, Ketua Organizing Committee (OC) dipegang oleh mantan pembalap nasional, Ananda Mikola. 

Berikut susunan kepanitiaan Formula E pada 2023:

Advisors:

  1. Bobby Nasution 
  2. Prasetyo Edi Marsudi
  3. Ahmad Syahroni
  4. Richardo Gelael
  5. Tinton Soeprapto
  6. Anondo Eko

Sedangkan, Wakil Ketua OC dijabat oleh Akbar Himawan Buchari yang merupakan Ketua Badan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025. Akbar sebelumnya juga sempat menjabat sebagai anggota DPRD Sumatra Utara. Ia mengundurkan diri per Januari 2023 lantaran terpilih menjadi Ketua HIPMI. 

Bamsoet tak menampik bahwa HIPMI ikut dilibatkan dalam gelaran Formula E 2023. Salah satunya lantaran panitia ingin mengoptimalkan pelaku UMKM. 

"Kami libatkan juga HIPMI untuk menyemarakan event ini dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat kita," kata politisi Partai Golkar itu. 

Baca Juga: BUMN Ogah Jadi Sponsor Formula E, Pengamat: Ini Panggung Politik Anies

2. Formula E 2023 bakal digelar dua seri pada Juni mendatang

Ketua DPRD DKI hingga Mantu Jokowi Jadi Panitia Gelaran Formula E 2023Presiden Joko Widodo di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (dok. Biro Pers Setpres)

Sementara, Ketua OC Jakarta E-Prix 2023, Ananda Mikola mengatakan, pada tahun ini Indonesia diberi kepercayaan untuk menjalankan dua seri yaitu seri 10 dan 11 dari 16 rangkaian kejuaraan dunia.

"Pada tahun ini, kami mendapatkan dua kali balap, Sabtu dan Minggu pada 3-4 Juni 2023. Ini pertama kali bagi Indonesia mengadakan dua kali event," ujar Ananda dalam keterangan tertulis. 

Ia mengaku optimistis bahwa perhelatan Formula E 2023 bisa lebih baik dibandingkan 2022 lalu.

"Insyaallah kita bisa (lebih baik jadi panitia)," tutur dia. 

Menurut Bamsoet, pemilihan Ananda sebagai ketua panitia bukan tanpa alasan. Selain memilki pengalaman di dunia otomotif, Ananda juga sudah menjadi salah satu panitia di acara yang sama pada 2022 lalu. Di sisi lain, Ananda pun bersyukur kondisi sirkuit Formula E di Ancol masih tetap terjaga dengan baik. 

Direktur Utama JakPro, Iwan Takwin, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak Formula E Operation (FEO), penyelenggara global ajang balapan mobil listrik itu. Hal yang dikomunikasikan, kata Iwan, antara lain menyangkut hal-hal teknis dan performa sirkuti. Tujuannya agar sirkuit di Ancol tetap memiliki standar FEO. 

"Pada bulan Januari lalu tim FEO telah berkunjung ke Sirkuit JIEC dan FEO mengakui bahwa track tetap kayak dan sesuai standar balapan Formula E," kata Iwan. 

Baca Juga: Formula E Disebut Untung, DPRD DKI: Masih Ada Utang Kok Ngomong Untung

3. JakPro pastikan perhelatan Formula E 2023 tak menggunakan APBD DKI Jakarta

Ketua DPRD DKI hingga Mantu Jokowi Jadi Panitia Gelaran Formula E 2023Potret berbagai mobil balap yang mengaspal di Formula E pada Sabtu (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, JakPro memastikan ajang balapan mobil Formula E tahun 2023 tidak akan menggunakan dana dari APBD DKI Jakarta. Hal itu juga dikonfirmasi oleh Bamsoet.

Ia menyatakan, anggaran Formula E sepenuhnya didapat dari pihak swasta hingga sponsor.

"Kami sepakat bahwa nanti dana yang dipakai untuk Formula E (harus) non-APBD. Harus sepenuhnya (berasal) dari swasta dan sponsor," ungkap Bamsoet di Balai Kota DKI Jakarta Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada 16 Januari 2023 lalu.

Hal itu demi merespons permintaan Ketua DPRD DKI Jakarta yang mewanti-wanti agar perhelatan Formula E 2023 tidak menggunakan dana dari APBD DKI. Sebelumnya, pada Formula E 2022, Pemprov DKI diketahui menggunakan dana dari APBD DKI. 

Hal itu terungkap lantaran ada pembayaran commitmen fee senilai Rp560 miliar kepada FEO. Sebagian pembiayaan itu diketahui menggunakan pinjaman dari Bank DKI. 

Baca Juga: Sahroni Sindir Menteri BUMN Tak Beri Sponsor Formula E: Gak Maksa

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya