KSAD Agus Tiba di DPR, Diantar Panglima Yudo Margono

Agus menjadi calon tunggal pengganti Yudo Margono

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto, sudah tiba di Gedung Nusantara II DPR pada Senin (13/11/2023) untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Dia tiba di Gedung DPR sekitar pukul 09.41 WIB.

Saat tiba di DPR, Agus terlihat didampingi Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, untuk mengikuti fit and proper test pagi ini. Ada pula, kepala staf dari tiga matra, dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, yang mendampingi.

Fit and proper test merupakan proses yang harus dilalui Agus usai menjadi calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Agus diajukan karena Yudo bakal memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Kepada IDN Times pada Minggu (13/11/2023), Agus menyebut tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti fit and proper test pagi ini.

"Persiapannya hanya berdoa," ujar Agus melalui pesan pendek.

Dia mengaku bila terkait isu militer sudah dikuasai di luar kepala. Agus juga menjelaskan dalam pemaparan visi dan misi hari ini akan ada sejumlah program yang jadi fokusnya.

"Ada beberapa (yang jadi fokus). Mulai dari kesejahteraan prajurit, purnawirawan, dan warakuwuri juga harus diperhatikan," kata dia.

Uji kepatutan dan kelayakan pada pagi ini akan diadakan secara terbuka dan tertutup. Pemaparan visi dan misi bakal dilakukan secara terbuka.

Komisi I DPR akan mengambil keputusan pada siang nanti. Proses selanjutnya, mereka akan melakukan verifikasi faktual ke kediaman Jenderal Agus pada sore nanti pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: KSAD Agus Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Hari Ini 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya