KSAU: Prajurit TNI AU yang Gugur Tabrakan di Udara Saat Terjun Lenting

Jenazah Sertu Agung dimakamkan di Bandung

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo, mengatakan pihaknya telah membentuk tim investigasi untuk menelusuri kecelakaan dua prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), saat terjun payung di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada 5 April 2023.

Akibat kecelakaan tersebut, seorang prajurit Kopasgat, Sertu Agung Dwano, gugur. Padahal, aksi terjun payung yang dilakukan Sertu Agung merupakan bagian dari demo untuk persiapan HUT ke-77 TNI AU pada Minggu (9/4/2023). 

"Kemarin kami berduka karena salah satu prajurit terbaik kami gugur dalam melaksanakan penerjunan jelang HUT," ungkap Fadjar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (7/4/2023). 

Fadjar memperkirakan kecelakaan tersebut terjadi saat melakukan terjun lenting (bungee jumping) yang mengakibatkan tabrakan di udara. Menurut dia, kejadian tersebut tak bisa dihindari sehingga menimbulkan korban jiwa. 

"Sekarang sedang dibentuk tim investigasi untuk mencari penyebab kenapa kecelakaan tersebut terjadi," tutur dia. 

Sementara, jenazah Sertu Agung sudah dimakamkan di kampung halamannya di Soreang. "Jenazah Sertu Agung dimakamkan dengan upacara militer," kata Fadjar. 

Apakah puncak HUT ke-77 TNI AU yang digelar besok akan tetap dilaksanakan?

1. Gladi bersih demo udara melibatkan 89 pesawat dari berbagai tipe

KSAU: Prajurit TNI AU yang Gugur Tabrakan di Udara Saat Terjun LentingSalah satu show yang bakal ditampilkan di puncak HUT ke-77 TNI AU pada 9 April 2023 nanti. (www.instagram.com/@militer.udara)

Sementara, latihan gladi kotor dan gladi bersih tetap digelar pada pekan ini. Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah, menjelaskan ada 89 pesawat dari berbagai tipe yang ikut terlibat gladi kotor. 

"Ada pesawat tempur terdiri dari 18 G-16, r Sukhoi SU-27/30, 9 EMB-314 Super Tucano dan 5 T-50i Golden Eagle," tutur Indan pada 5 April 2023.

Lalu, ada pula pesawat transportasi terdiri dari 9 C-130 Hercules, 5 CN-295/235, 5 C-212, 3 Boeing 737, 2 Falcon 7X/8X, 3 Cesna-172, 6 paramotor dan 2 trike. Sementara, helikopter terdiri dari 6 EC-120 B Colibry, 2 NAS-332, 2 EC-725 Caracal dan 1 AS-365. Selain itu juga ada 7 pesawat aerobatik jenis KT-1B. 

"Total personel yang terlibat berjumlah 3.693 orang, terdiri dari 1.070 pilot dan kru darat untuk pelaksanaan demo udara, 397 prajurit untuk demo darat dan 2.227 personel pasukan upacara," kata dia. 

Puncak HUT ke-77 TNI AU bakal digelar pada Minggu (9/4/2023) di Lanud Halim Perdanakusuma. Acara tersebut juga bisa disaksikan masyarakat umum mulai pukul 08.00 WIB. 

Baca Juga: Prajurit TNI AU Gugur Saat Latihan Terjun Boogie Jelang HUT ke-77 

2. TNI AU minta publik tidak sebar luaskan dokumentasi saat kecelakaan udara terjadi

KSAU: Prajurit TNI AU yang Gugur Tabrakan di Udara Saat Terjun LentingPrajurit gabungan TNI AD dan Tentara Amerika (US Army) beraksi terjun payung saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur di Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel pada Rabu, 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Indan mengatakan usai mengalami kecelakaan, Sertu Agung sempat dilarikan ke Rumah Sakit TNI AU dr. Ernawan untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun, nyawanya tak tertolong. 

Ia juga meminta kepada masyarakat yang menemukan video dan foto-foto terkait kecelakaan tersebut, agar tidak disebarluaskan demi menjaga perasaan keluarga yang ditinggalkan. 

"Mohon kita jaga keluarga ya, kalau menemukan foto-foto yang kurang pantas, tolong disimpan saja," tutur Indan. 

Akibat kecelakaan itu, jumlah penerjun diubah dari semula menggunakan dua pesawat kini menjadi satu pesawat. Jumlahnya tidak lagi 77 orang, namun menjadi 18 orang.

3. Lanud Halim Perdanakusuma ditutup sementara saat peringatan HUT ke-77 TNI AU

KSAU: Prajurit TNI AU yang Gugur Tabrakan di Udara Saat Terjun LentingTNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan pesawat Hercules C-130 untuk membantu prajuritnya pulang ke kampung halaman. Pesawat dikerahkan dari Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma (www.instagram.com/@officialskadronudara31)

Lebih lanjut, Indan mengatakan, Bandar Udara Halim Perdanakusuma akan tutup sementara saat peringatan HUT Ke-77 TNI AU pada Minggu (9/4/2023).

"Mungkin pada saat demo udara, iya, temporary-lah atau istilahnya expect delay, tetapi tidak ditutup. Penerbangan bisa menyesuaikan terutama pada saat demo udara," kata dia.

Ia menjelaskan, aktivitas bandara akan berhenti beroperasi saat demo udara selama kurang lebih satu jam. Hal ini untuk memprioritaskan pesawat-pesawat yang hendak melaksanakan demo udara.

"Itu akan diprioritaskan pada pesawat-pesawat yang melaksanakan demo," kata dia.

Baca Juga: Prajurit TNI Jatuh dari Ketinggian 1.600 Kaki Saat Aksi Terjun Payung

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya