Luhut Umumkan Harga Baru Tiket ke Candi Borobudur, Jadi Rp750 Ribu

Akses ke candi bakal dibatasi untuk 1.200 orang per hari

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang kemaritiman dan investasi, Luhut Pandjaitan mengatakan bakal memberlakukan tarif baru untuk bisa berkunjung ke Candi Borobudur, Jawa Tengah. Bagi turis lokal, Luhut mengenakan tarif Rp750 ribu. Sementara, bagi turis mancanegara, tiket masuk dikenakan harga US$100 atau setara Rp1,4 juta. 

"Sementara, khusus untuk pelajar, kami berikan biaya Rp5.000 saja," ujar Luhut melalui akun media sosialnya pada Sabtu, 4 Juni 2022 lalu. 

Selain itu, Luhut juga berencana membatasi akses masuk ke Candi Borobudur per harinya hanya boleh dikunjungi 1.200 orang. Ia mengatakan bakal memberlakukan kebijakan itu semata-mata untuk menjaga kelestarian sejarah dan budaya nusantara. 

"Semua turis nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal di sekitar kawasan Borobudur. Kami lakukan ini demi menyerap lapangan kerja sekaligus menimbulkan sense of belonging terhadap kawasan ini," kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) itu. 

Sayangnya, rencana tersebut sudah menuai protes dari warganet. Kolom komentar di akun Instagram Luhut sudah diserbu warganet. Bahkan, kata 'Borobudur' dan 'Luhut' sempat trending di media sosial. 

Apa kata mereka?

1. Luhut ingin menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata berkualitas

Luhut Umumkan Harga Baru Tiket ke Candi Borobudur, Jadi Rp750 RibuMenteri Koordinator bidang kemaritiman dan investasi, Luhut Pandjaitan (www.instagram.com/@luhut.pandjaitan)

Luhut menjelaskan bahwa pemerintah ingin mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional. Ia menekankan dibutuhkan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme 'single authority agency.'

"Maka, Borobudur nantinya tidak hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas melainkan destinasi wisata berkualitas," kata dia. 

Selain itu, Luhut juga memastikan bakal diterapkan prinsip ekonomi biru, hijau dan sirkular. Salah satu caranya yakni menggunakan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. 

"Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan. Dengan menggunakan kendaraan listrik dan EBT (Energi Baru Terbarukan), akan mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi yang ramah lingkungan," tutur Luhut lagi. 

Baca Juga: Candi Borobudur-Prambanan Bisa Dipakai untuk Acara Keagamaan Sedunia

2. Rencana kenaikan tarif masuk ke Candi Borobudur diprotes warganet

Luhut Umumkan Harga Baru Tiket ke Candi Borobudur, Jadi Rp750 RibuANTARA FOTO/Anis Efizudin

Sementara, rencana pemerintah untuk menaikan tarif masuk ke Candi Borobudur sudah diprotes oleh warganet. Mereka menilai hanya orang-orang yang memiliki kemampuan finansial saja yang bisa berwisata ke sana. 

"Bye.. bye.. Borobudur, nanti hanya orang kaya saja yang menikmati kenindahanmu," ungkap warganet di akun media sosial Luhut hari ini. 

"Wow, (tarif) Rp750 ribu! Objek wisata sejarah yang edukatif hanya untuk kalangan berpunya saja kalau begitu. Terima kasih, Pak!" kata warganet lainnya. 

"Rp750 ribu kalau keluarga yang berkunjung 5 orang mending turu hotel bintang 5, boss," tulis warganet. 

"Mahal banget, Pak untuk wisatawan domestik segitu. Bapak tahu kan UMR berapa? Mikir-mikir lah kami kalau mau ngajak keluarga ke Borobodur," tutur warganet lainnya yang heran dengan keputusan pemerintah. 

Namun, ada yang setuju tarif masuk ke Candi Borobudur dinaikan tapi hanya di angka Rp200 ribu. "Mending diturunin jadi 200 ribu kalau tujuannya cuma buat pembatasan (kunjungan wisatawan)," kata warganet itu. 

3. Tiket reguler ke Candi Borobudur saat ini masih dibanderol Rp50 ribu

Luhut Umumkan Harga Baru Tiket ke Candi Borobudur, Jadi Rp750 RibuCandi Borobudur (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Sementara, harga tarif masuk ke Candi Borobudur saat ini masih Rp50 ribu bagi pengunjung yang berusia di atas 10 tahun. Sedangkan, untuk pengunjung anak berusia 3-10 tahun, tarif tiket mencapai Rp25 ribu. 

Ada pula tiket terusan sehingga wisatawan bisa berkunjung ke dua candi yakni Borobudur dan Prambanan. Untuk pengunjung dewasa dibanderol Rp75 ribu. Sedangkan, pengunjung anak usia 3-10 tahun dikenakan tarif Rp35 ribu. 

Tiket terusan itu berlaku selama dua hari.

Baca Juga: Epidemiolog Usul ke Luhut agar PPKM se-Indonesia Dicabut Agustus 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya